Nikmatnya Tiram Bakar, Makanan Khas Sanrobone Takalar 

  • Bagikan
Para pengunjung menikmati kerang bakar di rumah makan kerang celebes Rabu (16/10/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kabupaten Takalar menjadi salah satu yang memukau keindahan lautnya, tentu diikuti dengan ragam kuliner yang juga nikmat. 

Di Dusun Makkio Baji, Desa Ujung Baji Kecamatan Sanrobone Takalar, hadir kuliner tiram bakar yang menggugah selera.

Kerang dan seafood lainnya dihidangkan dengan cara dibakar atau diolah dengan cara yang sederhana, ditemani sambal dan raca mangga, dijamin akan menggoyang lidah siapa saja. Apalagi jika mengajak keluarga. 

Imran Daeng Siantang, Pemilik Rumah Makan bernama Kerang Celebes misalnya, menjadi salah satu langganan tempat makan pengunjung dari berbagai daerah. Bahkan kata dia, salah satu stasiun tv menjadikan rumah makannya sebagai konten sebab memiliki keunikan dan tentu cita rasa yang nikmat.

"Pengunjung kami datang dari berbagai daerah, dari kuar kota seperti Bandung juga pernah ada. Bahkan Alhamdulillah pernah diliput trans tv," ucapnya kepada Rakyat Sulsel Rabu (16/10/2024).

Imran menjelaskan, minatnya membuka rumah makan di pinggir pantai bermula ketika dirinya melihat bahan baku berupa kerang jenis tiram yang berlimpah. Apalagi ketika air laut surut, tinggal ambil di antara bebatuan. Tidak disangka menu unik yang diolah dengan cara di bakar ini justru viral dan diminati masyarakat dari berbagai penjuru.

"Pas viral dlu pernah menghabiskan 32 karung perhari. Tetapi saat ini di hari biasa bisa habis 5 karung dan di hari libur bisa habis 8 karung," ucapnya 

Tidak hanya kerang, kepiting, udang, cumi bahkan ayam juga dihadirkannya untuk menarik minat masyarakat. Menurutnya warung yang di dirikannya dimasa pandemi ini tidak hanya menghidupinya tetapi masyarakat lain yang juga dipekerjakan.

"Di warung saya mempekerjakan 10 orang, lain lagi nelayan yang tugasnya memungut kerang di laut," pungkasnya.

Menu beragam yang dihadirkan di Kerang Celebes pun tak mematok harga yang tinggi. "Untuk satu nampan kerang tiram kami hanya mematok harga Rp50 ribu, itu bisa  tiga sampai 4 piring dan bisa dinikmati 3 orang. Kami tidak mematok harga tinggi sebab ada nelayan yang juga bergantung hidup disini," bebernya.

Imran berharap penikmat kerang bisa datang ke desanya selain menikmati indahnya pemandangan laut juga menikmati tiram bakar yang nikmat. (Hikmah/A)

  • Bagikan

Exit mobile version