KPU Makassar Kaji Tema Debat Kandidat

  • Bagikan
Ketua KPU Makassar, Andi Muhammad Yasir Arafat

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tema debat untuk kandidat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar yang akan digelar pada 26 Oktober mendatangi masih dalam pembahasan atau pengkajian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar.

Ketua KPU Makassar, Muhammad Yasir Arafat mengatakan pihaknya baru mulai membahas mengenai tema debat kandidat. Namun, belum menentukan tema yang akan di pakai pada debat Pilkada nantinya.

"Untuk (tema) debat itu kami baru selesai FGD kemarin untuk pencermatan tema besar dalam debat nantinya," ujar Yasir, Kamis (17/10/2024)

Ia mengatakan bahwa penentuan tema debat Pilkada 2024 ini melibatkan tujuh panelis dari berbahagia latar belakang, mulai sari akademisi, birokrat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), hingga jurnalis.

Setelah ditentukan maka pihak terkait akan mendiskusikan lagi terkait susunan tema pada debat tersebut.

"Nanti akan kami kumpulkan lagi panelis untuk berdiskusi terkait sub tema. Nanti kami mau melakukan karantina terkait panelis," ungkapnya.

Mengenai hal ini, Yasir mengaku belum bisa membocorkan siapa saja yang akan menjadi panelis debat. Kata dia, pihaknya juga masih menunggu nama-nama panelis yang bakal ditetapkan berdasarkan surat keputusan.

"Belum ada di SK-kan. Kami masih menunggu tindak lanjut SK dari divisi terkait," sebutnya.

Adapun KPU Makassar sebelumnya mengubah perubahan jadwal debat kandidat Walikota dan Wakil Walikota Makassar dalam Pilwalkot 2024.

KPU Makassar menjadwalkan debat pertama pada 24 Oktober 2024, namun resmi di undur menjadi 26 Oktober mendatang. Pengunduran jadwal ini berdasarkan hasil rapat pleno yang digelar KPU Makassar.

Terkait lokasi debat untuk Pilwalkot Makassar, KPU juga diketahui belum memastikan, karena masih menunggu hasil pertimbangan dan analisis dari pihak keamanan, begitupun dengan tema debat yang baru akan diumumkan setelah matang. (isak pasa'buan/B)

  • Bagikan