Rumah Kita Ramah Pilkada

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Provinsi Sulawesi Selatan telah memasuki usia ke-355 tahun. Puncak perayaan Hari Jadi Sulsel akan digelar di Anjungan Pantai Losari, hari ini, Sabtu 19 Oktober 2024.

Sejumlah kegiatan telah digelar sejak acara pembukaan pada 16 Oktober malam. Tak hanya penampilan band, pengunjung juga dihibur fashion show anak-anak. Warga juga dapat melihat booth produk-produk UMKM khas Sulsel serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Juga kegiatan fun walk (jalan santai) yang telah memecahkan rekor MURI dengan peserta terbanyak 535.000 lebih.

Di usia yang terbilang matang, Provinsi Sulsel telah meraih berbagai prestasi dan pencapaian. Dalam momentum HUT ini, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan pemerintah dan berbagai pihak perlu melakukan perenungan dalam memimpin rakyat dan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan di Sulawesi Selatan.

"Kita perlu merenungkan langkah-langkah yang telah kita tempuh dalam rangka menyejahterakan masyarakat di Sulawesi Selatan," ujar Prof Zudan.

Ia mengungkapkan, saat ini Sulawesi Selatan mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan, dimana inflasi terjaga bagus termasuk indikator makro yang bertahan diangka aman. Sehingga untuk mempertahankan hal tersebut, diperlukan eksistensi dan pengembangan para stakeholder.

Pihaknya juga mengapresiasi seluruh Kepala Dinas, Kepala Biro, Kepala Badan dan seluruh serta pihak yang bahu membahu menyukseskan rangkaian HUT Sulsel dengan berbagai kegiatan menarik.

"Kita mengapresiasi Kepala Dinas, Kepala Biro, Kepala Badan dan seluruh atas upaya menyukseskan HUT ke-355 Sulsel. Berbagi kegiatan telah dilaksanakan seperti sunatan massal, operasi bibir sumbing, operasi katarak, pentas budaya, olahraga dan berbagai kegiatan lainnya," ujarnya.

Momentum Hari Jadi Sulsel juga dijadikan perenungan agar seluruh stakeholder bersama-sama mensukseskan Pilkada Serentak yang akan digelar 27 November 2024. Olehnya ia menekankan agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) betul-betul menjaga netralitas dan perilaku berdasarkan aturan yang berlaku.

"Teman-teman semuanya jaga netralitas sebagai ASN dan perhatikan ketentuan berdasarkan aturan yang berlaku sebagai ASN dan Korpri," tegasnya.

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Makassar, Andi Arwin Aziz juga menyampaikan harapannya terkait peringatan Hari Jadi ke-355 Sulsel. Arwin menyebut, momentum ini menjadi kesempatan bagi Sulsel untuk terus berbenah dan menjadi lebih baik.

"Semoga Sulawesi Selatan semakin maju dan sejahtera di usia yang ke-355 ini," ujar Andi Arwin, saat ditemui di Balai Kota Makassar, pada Jumat (18/10).

Ia menekankan berbagai sektor di Sulsel, mulai dari ekonomi, pendidikan, hingga pelayanan publik, harus terus diperkuat demi kesejahteraan masyarakat.

Arwin berharap pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat dapat bersinergi dalam menciptakan perubahan positif di Sulsel.

Ketua DPRD Sulsel, Andi Rahmatika Dewi juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Provinsi Sulsel.

Politisi NasDem itu menuturkan, Sulsel yang kini berusia tiga abad lebih, memiliki ragam kekayaan dan potensi yang luar biasa. Apalagi dikenal sebagai Provinsi dengan keragaman suku, ras dan agama.

"Dalam perjalanan panjang, Sulsel telah membuktikan diri sebagai rumah yang hangat bagi semua. Tempat dimana keberagaman menjadi kekuatan," jelasnya.

Ia menyebutkan, tema HUT Sulsel pada tahun ini, yakni "Sulsel Rumah Kita" yang memiliki makna yang luas.

"Semoga Sulsel terus menjadi Provinsi yang sejahtera, harmonis dan berdaya saing. Serta menjadi rumah yang nyaman dan aman, bagi seluruh warganya," harapnya.

  • Bagikan

Exit mobile version