Ganti Presiden, Erick Thohir Tetap Dipilih Jabat Menteri BUMN

  • Bagikan
Presiden RI Prabowo Subianto - Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA, RAKYATSULSEL -- Presiden Prabowo Subianto resmi menunjuk Erick Thohir untuk kembali menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Pengumuman ini disampaikan Presiden Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu (20/10).

"Erick Thohir, Menteri BUMN," kata Prabowo saat membacakan daftar 48 menteri dan tiga kepala lembaga, termasuk jaksa agung dan sekretaris kabinet.

Erick Thohir sebelumnya menjabat sebagai Menteri BUMN pada Kabinet Indonesia Maju di bawah pemerintahan Presiden ke-7 RI, Joko Widodo, dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ia juga terlibat aktif dalam olahraga sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Sebelum dilantik, Erick diundang oleh Prabowo ke kediamannya di Jalan Kertanegara pada 14 Oktober 2024 dan kemudian mengikuti pertemuan dengan Prabowo serta calon menteri lainnya di Hambalang, Kabupaten Bogor, pada 16 Oktober.

Pria kelahiran Jakarta pada 30 Mei 1970 ini memiliki latar belakang yang kuat di bidang ekonomi dan olahraga. Selain menjabat sebagai Menteri BUMN, ia juga merupakan wakil Indonesia di Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA). Sejak 16 Februari 2023, Erick terpilih sebagai Ketua Umum PSSI.

Sebelum berkiprah di dunia politik, Erick dikenal sebagai pengusaha di industri media dan olahraga. Ia memiliki gelar Master of Business Administration dari National University of California dan mendirikan Mahaka Media, di mana ia menjabat sebagai Komisaris Utama dari 2010 hingga 2019.

Pengalaman Erick juga mencakup posisi sebagai Presiden Klub Inter Milan (2013-2016), Direktur Utama PT Intermedia Capital Tbk, dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia. Di ajang Asian Games 2018, ia menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelenggara.

  • Bagikan