Ratusan Rumah Warga Ludes Terbakar Sepanjang 2024

  • Bagikan
Petugas Damkar Makassarsaat melakukan pemadaman di salah satu titik kebakaran di Makassar

Masih maraknya kebakaran yang terjadi, Kasi Kebakaran dan Investigasi Damkar Makassar, Andi Akbar Ikhsan mengingatkan agar masyarakat selalu berhati-hati dan memperhatikan segala potensi yang bisa memicu terjadinya kebakaran.

Utamanya mengenai penggunaan listrik di rumah, Andi Akbar berharap masyarakat bisa lebih bijaksana.

"Lebih bijaksana dalam penggunaan peralatan-peralatan rumah yang bisa menimbulkan kebakaran. Hemat listrik, begitu juga charger handphone. Karena biasanya kan ada kebiasaan masyarakat itu kalau charger hp terus pas penuh tinggal cabut HPnya, chargernya tidak dia cabut. Nah itukan bisa menimbulkan kebakaran," pesannya.

Selain itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah di waktu siang hari. Utamanya di musim kemarau dikarenakan bisa memicu kebakaran.

Termasuk memperhatikan instalasi listrik rumah, jika sudah berusia diimbau untuk segera diganti karena beberapa kasus kebakaran yang terjadi pemicu utama adalah karena korsleting listrik.

"Terus untuk masyarakat juga jangan membakar sampah di tengah terik matahari. Karena itu juga bisa memicu terjadinya kebakaran lahan. Jadi kita lebih bijaksana lah dalam artian menjaga instalasi, memeriksa instalasi, dalam penggunaan listrik lebih efisien dan efektif saja. Digunakan seperlunya saja," pungkasnya. (Isak Pasa'buan/B).

  • Bagikan