Ratusan Rumah Warga Ludes Terbakar Sepanjang 2024

  • Bagikan
Petugas Damkar Makassarsaat melakukan pemadaman di salah satu titik kebakaran di Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kasus kebakaran di Kota Makassar masih marak. Berdasarkan catatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau Damkarmat Makassar total ada ratusan insiden kebakaran sepanjang 2024, dan terbilang ada lonjakan signifikan.

Berdasarkan data terbaru Damkarmat Makassar yang dibagikan, total ada 253 insiden kebakaran terjadi hingga Oktober tahun ini, dengan nilai kerugian mencapai Rp47,2 miliar lebih.

Salah satu temuan menarik dari laporan ini adalah lonjakan drastis jumlah kebakaran pada bulan Agustus. Sebanyak 57 insiden kebakaran dan menjadikan bulan tersebut kasus kebakaran terbanyak.

Peningkatan ini jauh melampaui rata-rata bulanan, yang umumnya berkisar di angka 20 sampai 30 insiden kebakaran.

Sebagian besar insiden kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek atau korsleting, dengan 50 kasus tercatat sepanjang tahun 2024, dan total rumah tinggal yang hangus terbakar 68 unit.

Kemudian, pada bulan September, jumlah kebakaran meningkat menjadi 70 kasus kebakaran.

Selain itu, ada juga faktor lain seperti kelalaian dan kebocoran gas, meski jumlahnya lebih rendah.

Dari total 253 insiden, sebanyak 170 terjadi di rumah tinggal, sementara 136 kasus kebakaran dilaporkan terjadi di lapangan atau area terbuka.

Dampak dari kejadian kebakaran ini sangat signifikan. Laporan menunjukkan 4 orang meninggal dunia, 3 luka luka, 200 Kepala Keluarga, dan 397 jiwa terdampak akibat kejadian ini.

Selain itu, kebakaran juga menyebabkan kerusakan properti dan fasilitas umum yang luas, dengan total luas area yang terbakar mencapai 23.705 meter persegi.

  • Bagikan

Exit mobile version