Konsul-Jenderal Australia berkunjung ke Kepulauan Togean

  • Bagikan

PALU, RAKYATSULSEL - Konsul Jenderal Australia, Todd Dias, melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah pada 23 Oktober 2024. 

Kunjungan ini bertujuan untuk melihat proyek Budidaya Teripang yang didanai oleh Direct Aid Project (DAP) dari Konsulat-Jenderal Australia di Makassar.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan penghidupan empat kelompok nelayan teripang di Desa Kulingkinari, Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah dengan membangun fasilitas budidaya teripang.

Selama kunjungan, Konsul-Jenderal Dias berkesempatan untuk melihat keramba teripang dan produk berupa teripang kering. Proyek ini telah membantu petani meningkatkan produktivitas mereka dan juga akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Saya sangat senang berkesempatan untuk mengunjungi proyek budidaya teripang di Kepulauan Togean yang telah didanai oleh Konsulat-Jenderal Australia. Proyek ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Proyek ini sangat menarik bagi kami, mengingat hubungan bersejarah antara Australia dan Indonesia ratusan tahun yang lalu ketika nelayan dari Sulawesi berlayar menuju Australia bagian Utara untuk mencari teripang,” ujar Konsul-Jenderal Dias

Selain mengunjungi proyek DAP, Konsul-Jenderal Dias juga berkunjung ke Kampus PSDKU Universitas Tadulako di Ampana untuk menyampaikan kuliah umum mengenai Hubungan Australia-Indonesia dan Kesempatan Studi di Australia. Kampus ini merupakan kampus satelit Universitas Tadulako, yang menyediakan kesempatan pendidikan tinggi bagi mahasiswa di wilayah terpencil Ampana dan Kepulauan Togean di sekitarnya. Konsul-Jenderal Dias pernah mengunjungi kampus Universitas Tadulako di Palu pada bulan Januari yang lalu. (*)

  • Bagikan