BI Sulbar dan Kwarcab Mamuju Gelar Kemah Cinta Bangga Paham Rupiah

  • Bagikan
Kepala BI Sulbar saat menhadiri pembukaan Kemah Cinta Bangga Paham Rupiah, di rumah adat Mamuju

MAMUJU, RAKYATSULSEL - Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Barat kolaborasi dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) menyelenggarakan Kemah Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah di Kompleks Rumah Adat Mamuju, Kamis (24/10/14).

Kemah CBP Rupiah tersebut dilaksanakan selama tiga hari. Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut sekitar 300 orang siswa mulai dari SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Mamuju.

Kepala Perwakilan BI Sulbar, Gunawan Purbowo, saat ditemui usai melakukan pembukaan mengatakan, Kemah BCP Rupiah yang berkolaborasi dengan gerakan pramuka bertujuan untuk mengedukasi anak sejak dini terkait dengan Cinta Bangga Paham Rupiah.

"Salah satu tantangan di kita tentu bagaimana mengantisipasi uang palsu. Kalau sebelumnya kita hanya fokus edukasi uang palsunya, ini kita perluas kaitannya dengan edukasi BCP Rupiah," ujar Gunawan.

Ia menyampaikan, nanti di Cinta itu ada mengenali, menjaga dan merawat. Dengan mengenali uang rupiah, maka otomatis akan mudah mengetahui mana uang rupiah yang asli dan mana yang palsu.

Menurutnya, peserta juga diberikan pemahaman untuk mengenali uang palsu, tetapi juga bagaimana rupiah itu dirawat dan dijaga, sehingga lebih awet dan lebih layak yang mencerminkan simbol kedaulatan negara Indonesia.

Jadi sebagai simbol kedaulatan negara, rupiah harus digunakan di Indonesia sebagai satu-satu uang yang sah. Apalagi saat ini ada berbagai macam transaksi seperti bitcoin dan sebagainya.

Oleh sebab itu kita harus tekankan bahwa rupiah itu alat pembayaran satu-satunya sah di Indonesia.

"Kemudian paham, ini kaitannya dengan rupiah untuk transaksi dan juga kaitan dengan digitalisasi dan juga inflasi. Itu yang nanti akan di sharing dengan adek-adek pramuka sedari dini. Ini yang kita lakukan," tambah Gunawan.

  • Bagikan

Exit mobile version