Pj Gubernur Sulbar Hadiri Pelantikan Pengurus HIPKA, Dorong Pengusaha Ciptakan Lapangan Kerja

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, menghadiri pelantikan Badan Pengurus Wilayah (BPW) Himpunan Pengusaha Kahmi (HIPKA) Sulbar periode 2024-2029 di Hotel Maleo, Kamis (24/10/2024).

MAMUJU, RAKYATSULSEL – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, menghadiri pelantikan Badan Pengurus Wilayah (BPW) Himpunan Pengusaha Kahmi (HIPKA) Sulbar periode 2024-2029 di Hotel Maleo, Kamis (24/10/2024).

Dalam sambutannya, Bahtiar menyampaikan pentingnya peran pengusaha dalam memajukan daerah. Menurutnya, pengusaha adalah motor utama dalam menciptakan lapangan pekerjaan, sementara pemerintah daerah hanya dapat merekrut pegawai dalam jumlah terbatas setiap tahunnya.

"Kehadiran HIPKA bagi saya merupakan kemaslahatan bagi daerah. Daerah bisa maju jika ada pengusaha, karena merekalah yang menciptakan lapangan pekerjaan. Pemerintah mungkin hanya bisa merekrut pegawai setiap tahun, tapi pengusaha-lah yang bisa menciptakan lebih banyak lapangan kerja," ujar Bahtiar.

Bahtiar menambahkan, setiap pengusaha yang mendirikan usaha pasti membutuhkan tenaga kerja, baik itu di sektor batu bara, toko material, maupun sektor lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan pengusaha sangat penting bagi kemajuan suatu daerah.

"Oleh karena itu, saya mendukung penuh kehadiran para pengusaha di Sulbar yang tergabung dalam HIPKA. Ini adalah kabar baik bagi kita semua," lanjutnya.

Bahtiar juga berharap HIPKA Sulbar mampu berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulbar untuk membuka lebih banyak peluang usaha dan lapangan kerja, terutama di sektor yang berpotensi memajukan ekonomi lokal, seperti perikanan, pertanian, dan perdagangan. Ia juga menyinggung potensi Sulbar dalam mendukung program ketahanan dan swasembada pangan yang diinisiasi oleh Presiden Prabowo Subianto.

"Saya melihat Sulbar memiliki potensi besar di daratan dan perairannya, dan itu bisa mendukung program nasional di bidang ketahanan pangan," katanya.

Sementara itu, Ketua BPW HIPKA Sulbar, Muh Arif Makkulau, mengungkapkan bahwa HIPKA Sulbar terdiri dari para alumni HMI yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha. Ia berharap organisasi ini dapat mendorong semangat berwirausaha di Sulbar, yang hingga kini masih kekurangan jumlah pengusaha.

"Kami sangat bersyukur atas terselenggaranya pelantikan ini. Di Sulbar, masih sangat minim pengusaha, dan saya berharap HIPKA bisa hadir di tengah masyarakat untuk membangkitkan semangat berusaha yang bernafaskan Islam," tutup Arif. (Sudirman)

  • Bagikan