Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96, Bupati Gowa Ajak Pemuda Ikut Sukseskan Pilkada 2024 

  • Bagikan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Gowa di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin (28/10). 

GOWA, RAKYATSULSEL - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengajak para pemuda ikut berkontribusi dalam mensukseskan Pilkada 2024, khususnya dalam meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa. 

Hal tersebut diungkapkan saat dirinya menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Gowa, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin (28/10). 

"Kita ingin momentum Hari Sumpah Pemuda ini menjadi sebuah tonggak sejarah apalagi dilaksanakan di tahun yang sama dengan Pilkada serentak. Para pemuda harus mengambil peran dengan ikut berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah khususnya dalam meningkatkan partisipasi pemilih," ungkapnya. 

Lebih lanjut, orang nomor satu di Gowa itu menyebut, Pemerintah Kabupaten Gowa selalu melibatkan pemuda dalam kepemerintahannya. Salah satunya Pemkab Gowa rutin melaksanakan setiap tahunnya Musrenbang Pemuda untuk menyerap pikiran para pemuda dalam menyusun program kepemudaan yang tentunya berdampak baik terhadap kemajuan daerah. 

"Kita selalu melakukan pelibatan pemuda yang ada melalui organisasi kepemudaan. Kita ini sudah melaksanakan secara rutin Musrenbang Pemuda yang satu-satunya di Indonesia, dimana tidak ada daerah lain yang melaksanakan Musrenbang Pemuda kecuali Gowa. Karena kita mau mendorong partisipasinya lebih aktif dan melalui pikiran pemuda karena merekalah yang lebih tau, dari situlah dia menyusun program program apa yang bagus untuk menaikkan Indeks Pembangunan Pemuda kita," jelas Adnan. 

Pada kesempatan itu juga, Adnan yang juga Sekjen APKASI ini menyampaikan sambutan seragam Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito. 

Ia mengatakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 ini berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan membawa langkah bangsa Indonesia mewujudkan target-target pembangunan jangka menengah sebagai landasan pencapaian target Pembangunan Jangka Panjang 2045 yang bercirikan kemajuan dan kesejahteraan yang makin tinggi serta kiprah bangsa Indonesia yang lebih kuat dalam Kancah global. 

"Harapan kita kepada pemuda untuk lebih berperan dalam pembangunan nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan," katanya. 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024 ini mengangkat tema "Maju Bersama Indonesia Raya", yang menyampaikan pesan untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera. Upaya ini dilakukan dalam bentuk upaya pemajuan secara bersama, simultan, sinkron dan berkoordinasikan dengan sebaik-baiknya pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah. 

Sementara, salah satu Tokoh Pemuda Gowa yang juga Ketua HMI Gowa Raya dan Koordinator Pelaksana Peringatan Sumpah Pemuda, Nawir Kalling mengatakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tingkat Kabupaten Gowa ini dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan termasuk upacara yang menghadirkan 13 organisasi kepemudaan. 

"Kami melaksanakan beberapa kegiatan seperti upacara, pembagian pupuk organik, donor darah, baksos dengan menyerahkan bantuan ke panti asuhan dan penandatanganan petisi dukungan Pilkada aman dan anti money politik. Kita ingin kehadiran pemuda bisa betul-betul dirasakan ditengah-tengah masyarakat," sebutnya. 

Ia berharap di momentum sumpah pemuda ini kolaborasi seluruh pihak khususnya antara pemuda dan pemerintah dapat terus terjalin untuk Gowa yang lebih baik di masa yang akan datang. 

Usai pelaksanaan upacara, Bupati Gowa bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Sekda Gowa, Andy Azis, dan Forkopimda Gowa meninjau langsung pelaksanaan donor darah di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa.

Turut hadir organisasi pemuda se-Kabupaten Gowa, Pimpinan SKPD, Kabag dan Camat Lingkup Pemkab Gowa. (*)

  • Bagikan