PINRANG, RAKYATSULSEL - Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan selalu berupaya menghadirkan pelayanan yang optimal tanpa membedakan tiap peserta JKN yang mudah, cepat, setara.
Sejalan dengan itu, Kantor Cabang (KC) Parepare kembali mengadakan sosialisasi Program JKN kepada peserta. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini KC Parepare memberikan sosialisasi kepada Komunitas Disabilitasi Kabupaten Pinrang, Senin (09/12).
Kegiatan pemberian informasi langsung itu mendapat sambutan dan antusias dari kawan disabilitas. Sekretaris Perkumpulan Penyandang Disabilitas Kabupaten Pinrang, Ali Topan memberikan apresiasi BPJS Kesehatan KC Parepare yang telah mengadakan kegiatan itu.
”Kami menyambut baik teman-teman BPJS Kesehatan yang hadir hari ini, yang memberikan informasi seputar Program JKN. Tentu hal ini menjadi salah satu wadah kami dalam memberikan saran dan masukan kepada BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara jaminan kesehatan,” terangnya.
Menurut Ali, sosialiasi seperti ini dapat menjadi sarana kawan disabilitas memberikan saran dan masukan kepada BPJS Kesehatan, terlebih terkait dengan pelayanan kesehatan yang diterima oleh penyandang disabilitas.
Selain itu, Ali Topan jga mengakui bahwa dirinya sebagai Peserta JKN yang merupakan penyandang disabilitas selalu mendapatkan layanan yang baik dan optimal tanpa pernah dibeda-beda kan.
”Pelayanan di fasilitas kesehatan menurut saya berjalan dengan optimal, alhamdulillah saya tidak pernah dibedakan, kami dilayani dengan setara,” ungkapnya.
Sosialisasi itu dihadiri oleh 45 kawan disabilitas yang telah menjadi Peserta Program JKN sejak lama. Dengan menghadirkan translator bahasa isyarat, kegiatan sosialisasi itu berjalan dengan sangat lancar dan interaktif. Banyak peserta yang antusias memberikan pertanyaan seputar Program JKN.
Salah satu peserta sosialisasi, Muhammad Alif setelah memberi pertanyaan kemudian disusul dengan memberi saran kepada BPJS Kesehatan, khususnya KC Parepare agar memperbanyak kegiatan BPJS Keliling atau BPJS Kesehatan Online dengan menyasar berbagai desa yang ada di Kabupaten Pinrang.
”Sedikit saran kepada BPJS Kesehatan, mungkin bisa ditambah lagi kunjungannya ke beberapa desa di Pinrang, entah itu dalam bentuk BPJS Keliling atau BPJS Kesehatan Online, mengingat beberapa kawan disabilitas disini berdomisili cukup jauh dari kota, sehingga untuk mendapatkan layanan terkait BPJS Kesehatan di kota cukup sulit,” jelasnya dengan penuh harap.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful saat ditemui secara terpisah mengatakan, sosialisasi bersama kawan penyandang disabilitas ini diadakan sebagai perayaan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember lalu.
”Berbeda dengan Pemberian Informasi Langsung (PIL) sebelumnya, sosialisasi bersama kawan disabilitas ini spesial karena sebagai perayaan Hari Disabilitas Internasional. Sejalan dengan itu, kami berkomitmen akan terus memberikan layanan sesuai dengan tagline kita, mudah, cepat, dan setara,” katanya.
Andi Rismaniswati juga mengatakan bahwa, tiap saran yang diberikan oleh kawan penyandang disabilitas akan dijadikan sebagai catatan agar dapat ditindaklanjut.
”Banyak saran yang membangun, yang diberikan kepada organisasi kita, dan itu perlu kita tindaklanjuti bersama sebagai upaya dalam implementasi pelayanan prima. Karena layanan untuk kawan disabilitas ini memang butuh perhatian khusus,” jelasnya.
Translator Bahasa Isyarat, Nurlia juga turut menyampaikan saran dan masukannya kepada BPJS Kesehatan. Ia berharap petugas BPJS Kesehatan yang ada di fasilitas kesehatan, seperti BPJS SATU (Siap Membantu) dapat belajar dan menguasai bahasa isyarat, agar kawan penyadang disabilitas dapat terbantu dengan lebih maksimal.
”Kalau saran dari saya, petugas BPJS Kesehatan yang ada di fasilitas kesehatan mungkin juga bisa sedikit belajar tentang bahasa isyarat, agar ketika bertemu kawan disabilitas, mereka bisa lebih terbantu lagi mendapatkan layanan,” sarannya. (*)