MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mahasiswa Universitas Ciputra (UC) Makassar melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) dengan memberikan bantuan berupa edukasi dan pengembangan strategi bisnis UMKM.
Dalam kegiatan kali ini, UC memilih salah satu UMKM di Jalan Lamaddukelleng No. 72, Makassar, Kedai Kopi Ko’Beng.
Salah satu mahasiswa program Abdimas, Anastacia menjelaskan timnya sengaja memilih Kedai Ko’Beng, kedai yang berdiri sejak Desember 2023 lalu. Menurutnya kedai ini menghadapi kendala dalam pemasaran digital.
"Instagram kurang aktif, akun TikTok belum ada, dan jumlah ulasan di Google Review masih minim. Jadi kami coba bantu," ucapnya Sabtu (1/3/2025)
Untuk mengatasi hal ini, mahasiswa UC Makassar membantu dalam pembuatan konten Instagram yang lebih menarik, pembuatan akun TikTok dengan strategi pemasaran berbasis video, serta meningkatkan jumlah Google Review dengan mengajak pelanggan memberikan ulasan.
"Dengan penerapan strategi ini, diharapkan Kedai Ko’Beng dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan brand awareness, serta memperkuat loyalitas pelanggan," ungkap Anastacia
Program Abdimas ini menjadi wujud nyata kontribusi mahasiswa UC Makassar dalam mendukung UMKM agar lebih berkembang di era digital. (Hikmah/A)