Kanwil Kemenkum Sulsel Komitmen Terapkan Budaya Pelayanan Prima untuk Kepuasan Masyarakat

  • Bagikan
Sosialisasi yang diikuti seluruh pegawai Kanwil kemenkum Sulsel terkait komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui penerapan budaya pelayanan prima.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkum Sulsel) berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui penerapan budaya pelayanan prima.

Komitmen ini diwujudkan melalui sosialisasi yang diikuti seluruh pegawai pada Jumat (13/6/2025) secara virtual. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas pelayanan hukum yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Puguh Wiyono, narasumber dalam sosialisasi tersebut, menekankan bahwa pelayanan prima bukan hanya soal teknis atau prosedur. "Kalau pelayanan biasanya senyum, sapa, salam. Tapi attitude itu dari hati," jelasnya.

Puguh, yang juga terlibat dalam Kelompok Kerja Manajemen Perubahan Pembangunan Zona Integritas Kanwil Kemenkum Sulsel, mencontohkan pelayanan perbankan sebagai standar yang patut diadopsi instansi pemerintah.

Menurutnya, pelayanan prima berarti memberikan layanan yang melebihi ekspektasi masyarakat. "Kalau dalam SOP kita janjikan tiga hari, kemudian satu hari sudah selesai, masyarakat akan merespons pelayanannya bagus sekali," ujarnya.

  • Bagikan