Legislator PDIP Minta Pemkab Bulukumba Ekspose Penggunaan Pinjaman dari PT SMI

  • Bagikan

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL – Pemkab Bulukumba akan menerima pinjaman Rp75 Miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Kementrian Keuangan RI.

Bupati Bulukumba HA Muchtar Ali Yusuf, pun telah menandatangani kesepakatan pinjaman Rp75 Miliar dengan PT SMI, dimana Rp60 Miliar dari dana pinjaman tersebut akan digunakan Pemkab Bulukumba untuk membangun pasar sentral Bulukumba. Sementara, selebihnya Rp15 Miliar akan digunakan untuk rehabilitasi pasar Tanete di Kecamatan Bulukumpa.

Anggota DPRD Bulukumba dari PDIP, Zulkiflie Saiye, kepada wartawan mengatakan, tidak ada masalah pinjaman Pemda ke PT SMI. Ada regulasi yang mengatur terkait pinjaman dari PT SMI.

Zulkiflie Saiye yang merupakan anggota Komisi C DPRD Bulukumba itu mengaku, tidak perlu persetujuan DPRD terkait pinjaman Rp75 Miliar tersebut. Pemda hanya perlu menyampaikan ke DPRD. Setelah itu, DPRD akan memasukkannya ke dalam APBD.

Zulkiflie mengaku telah mengetahui jika peruntukan dari pinjaman tersebut, yakni Rp60 Miliar akan dipergunakan untuk membangun Pasar Sentral Bulukumba dan sebesar Rp15 Miliar untuk rehab Pasar Tanete.

Namun legislator asal fraksi PDIP itu meminta Pemda untuk melakukan ekspose didepan anggota DPRD Bulukumba terkait rencana pembangunan pasar sentral Bulukumba.

Zulkiflie juga mengingatkan Pemda Bulukumba soal Amdal dan Amdalin Pasar Sentral Bulukumba.

Zulkiflie berharap, pinjaman dari PT SMI itu tidak terlalu membebani keuangan Pemda. Untuk itu, aset Pemda setelah dibangun dan direhab nantinya harus dikelola dengan baik. Kedua pasar tersebut nantinya yang membayarnya sendiri melalui pajak dan retribusi. (Sal)

  • Bagikan