Dilantik Pekan Depan, Andalan Sendirian Pimpin Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Andi Sudirman Sulaiman dipastikan akan sendirian memimpin Sulawesi Selatan. Batas waktu pengajuan calon wakil gubernur telah berakhir sebelum pelaksana tugas gubernur itu dilantik menjadi gubernur definitif.

Kementerian Dalam Negeri telah menetapkan jadwal pelantikan Andi Sudirman, pekan depan. Dengan begitu, tiga partai pengusung tidak dapat lagi mengajukan nama calon wakil guberbur karena pada pekan depan Andi Sudirman akan menjabat gubernur selama 18 bulan hingga September 2023.

“Informasi pelantikan sudah ada, tanggal 7 Maret,” kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulsel, Ni’matullah saat dikonfirmasi, Kamis (3/3/2022).

Meski begitu, tiga partai pengusung yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasonal (PAN), dan PDI Perjuangan Sulsel mengaku belum menerima informasi tanggal kepastian pelantikan Andi Sudirman.

Sekretaris PDI Perjuangan Sulsel, Rudy Pieter Goni mengatakan belum mendapatkan informasi pelantikan Andi Sudirman. “Belum ada, saya tidak mengetahui itu. Saya tidak mau bahas kalau masih gosip,” katanya.

Tapi, menurut dia, bila Andi Sudirman dilantik pada 7 Maret nanti, berarti Presiden Joko Widodo telah mempertimbangkan bahwa Andi Sudirman tidak butuh wakil untuk memimpin Sulsel. “Pasti Presiden paham soal itu. Mau apalagi kalau tidak bisa ada wakil,” imbuh Rudy.

Anggota DPRD Sulsel itu mengaku tidak kecewa bila nantinya Andi Sudirman tidak memiliki wakil. Padahal, jauh-jauh hari PDIP telah mempersiapkan figur sebagai calon wakil gubernur yakni Andi Ansyari Mangkona.

  • Bagikan