Makassar Luncurkan Makaverse

  • Bagikan

Ada sejumlah program menarik di antaranya operation room sebagai pusat kendali dan pemantauan digital Kota Makassar untuk memberikan kenyamanan warga dan kehidupan yang lebih berkualitas.

Peningkatan pelayanan dasar dirancang dalam sistem manajemen layanan berbasis elektronik. Antara lain sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-government di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi (Smart Economy), Smart Living, Smart Society, serta Smart Environment.

Bidang kesehatan antara lain dengan mengembangkan aplikasi Telemedicine Improvement with Multi-Platform Data collection termasuk layanan kesehatan baru: Home Care. Home Care merupakan fasilitas kesehatan dalam mobil yang beroperasi selama 24 jam dan berpindah-pindah.

Seperti halnya ambulans, home care dengan dokter akan datang ke rumah warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan lanjutan seperti USG dan EKG dapat dilakukan di home care, kemudian datanya akan dikirim secara daring ke dokter spesialis dan hasilnya akan dikirim secara daring juga.

Mobil Home Care ini kemudian diberi nama Dottoro’ta, yang dalam bahasa lokal berarti “Dokter Kita”. Bahasa lokal ini digunakan untuk membuat masyarakat familiar dan menciptakan lebih banyak sentuhan manusia pada fasilitas tersebut. (Cr3)

  • Bagikan