Tol Mamminasata Dikeluarkan dari PSN

  • Bagikan
Ilustrasi. Pemerintah Hapus Tol Mamminasata dalam Proyek Strategis Nasional

Di mana, pemerintah pusat berharap semua PSN bisa selesai pada tahun 2024 mendatang, sebelum masa jabatan Presiden Joko Widodo berakhir.

"Tentu kita maklumi. Karena jalan Tol Mamminasata ini kalau tidak salah memang masih dalam tahap perencanaan dan tidak mungkin bisa selesai dalam dua tahun pengerjaan," tuturnya.

Meski begitu, Darmawan berharap Tol Mamminasata ini bisa tetap menjadi perhatian pemerintah pusat. Mengingat, jalan ini sangat dibutuhkan sebagai jalan penghubung di dalam Kawasan Mamminasata.

"Jalan ini dianggap sebagai salah satu infrastruktur yang bisa menggenjot perekonomian nasional," ujarnya.

Agar proyek ini tetap berlanjut, Darmawan mengemukakan, ada beberapa skenario yang bisa diambil. Salah satunya, dengan skema KPBU atau Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Kami harap, pemerintah pusat bisa mengasistensi kita untuk bekerjasama dengan investor dalam pembiayaan proyek ini," harapnya.

Sebelumnya, proyek pembangunan jalan tol lingkar Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa/Gowa, Takalar) ini masuk dalam 16 daftar rencana pembangunan jalan tol 2022 yang disusun pemerintah pusat. Anggaran investasi senilai Rp7,4 triliun, dan akan melibatkan swasta. (Sasa)

  • Bagikan

Exit mobile version