BKPSDMD Parepare Ucapkan Dirgahayu ke-77 TNI, Terus Mengabdi untuk Negeri

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Parepare turut mengucapkan Dirgahayu ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Rabu, 5 Oktober 2022.

Kepala BKPSDMD Parepare, Adriani Idrus mengapresiasi eksistensi TNI yang terus mengabdi untuk negeri. “Dirgahayu ke-77 TNI, terus mengabdi untuk negeri karena TNI adalah kita,” kata Adriani Idrus.

Secara nasional, peringatan HUT ke-77 TNI digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, dengan Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara.

Peringatan HUT ke-77 TNI diwarnai dengan pameran sejumlah alat tempur dan kendaraan tempur dipamerkan di halaman Istana Merdeka Jakarta.

TNI bermula dari Badan Keamanan Rakyat (BKR), salah satu badan yang menjadi upaya bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan kembali dan kekerasan senjata oleh Belanda, seperti dikutip dari laman resminya.

BKR lalu menjadi menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945. Untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer internasional., TKR lalu berubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Tentara Nasional Indonesia (TNI) lalu disahkan pada pada 3 Juni 1947. Pendirian ini dimaksudkan untuk menyatukan kekuatan bersenjata TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat.

Fungsi dan tugas TNI berubah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 seiring waktu TNI pun berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

TNI berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa sebagai alat pertahanan negara.

TNI juga menjadi penindak terhadap setiap bentuk ancaman di atas, serta dan pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan. (*)

  • Bagikan