BOGOR, RAKYATSULSEL- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, terus mendorong generasi milenial memanfaatkan media sosial (medsos), dalam memasarkan produk ekonomi kreatif mereka.
Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke Desa Rawapanjang, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, dalam kegiatan Dialog Interaktif Ekonomi Kreatif bertajuk ‘Kreativitas Santri Milenial Hadapi Digitalisasi’, Minggu (7/5).
“Kami hadir di tempat ini agar milenial bisa menggunakan sarana media sosial untuk memasarkan produk ekonomi kreatifinya. Tapi, ternyata yang mengikuti pelatihan-pelatihan juga banyak dari kelompok emak-emak berdaster,” kata Sandi.
Menurutnya, dengan semakin berkembangnya ekonomi kreatif, akan semakin cepat dalam mencapai target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024. Menurutnya, medsos saat ini sangat efektif untuk memasarkan produk-produk ekonomi kreatif.
“Kita juga harus teliti dalam menggunakan medsos, mana yang paling banyak digunakan masyarakat. Berdasarkan data, YouTube menjadi yang paling banyak digunakan mencapai 42 persen, kemudian TikTok dan lainnya,” kata Sandi.
Kata dia, dengan generasi milenial semakin memilii terobosan baru, maka akan membuka lapangan kerja semakin banyak. Sehingga Indonesia tidak hanya menjadi target pasar, tapi justru menjadi pelaku bisnis.
“Kita dorong generasi muda menghadirkan terobosan, jadi kita tidak hanya menjadi pasar. Harus jadi pelaku bukan penonton, jangan beli beli dari luar negeri. Cintailah produk-produk dalam negeri,” tegas Sandi.
(FAJAR)