Projo Sulsel Dukung Prabowo-Airlangga

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ingar bingar pemilihan calon presiden dan wakil presiden 2024 turut diramaikan oleh Relawan Pro Jokowi Sulawesi Selatan. Relawan yang dikenal getol mendukung Jokowi dalam dua pemilihan presiden itu secara mengejutkan mendukung Prabowo Subianto berpasangan dengan Airlangga Hartarto.

Dukungan terhadap paket Prabowo-Airlangga tersebut diumumkan dalam Konferensi Daerah Projo Sulsel yang digelar di Hotel Claro, Minggu (18/6/2023). Ada 18 pengurus dewan pimpinan cabang menghadiri acara tersebut.

"Usulan dukungan paket Prabowo-Airlangga akan kami bawa dalam Rapat Kerja Nasional ke-6 Projo sebagai pertimbangan arah dukungan relawan Jokowi di Sulsel," kata Ketua Projo Sulsel, Herwin Niniala.

Menurut dia, dukungan tersebut diambil setelah melalui pertimbangan yang cukup panjang, termasuk mendengar aspirasi DPC Projo di kabupaten dan kota.

Menurut Herwin, ada beberapa alasan untuk menyatakan dukungan terhadap Prabowo-Airlangga. Dia mengatakan, keduanya dianggap saling melengkapi. Prabowo cukup tegas dan pemberani dalam mengambil kebijakan. Adapun Airlangga dinilai ahli ekonomi dan kinerjanya telah terbukti ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Herwin menilai, dengan berbagai tantangan ketidakpastian global, perubahan situasi geopolitik regional, pemulihan ekonomi dan lompatan kemajuan ekonomi serta keberlanjutan pemerintahan kerakyatan merupakan bagian dari tantangan Indonesia ke depan.

"Maka Indonesia butuh pemimpin pemberani dan tegas sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi dalam Musra beberapa waktu lalu. Kami melihat Prabowo dan Airlangga memiliki hal itu," imbuh Herwin.

Selanjutnya, kata Herwin, Prabowo dan Airlangga yang berada dalam kabinet dianggap cocok untuk melanjutkan kepemimpinan Jokowi. Apalagi di Sulawesi Selatan, sambung dia, beragam program prioritas mesti diselesaikan oleh pelanjut Jokowi yakni, proyek Kereta Api Makassar-Parepare dan perluasan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin.

"Di samping itu pembangunan pusat penelitian kelautan dan perikanan, pembangunan Universitas Maritim, swasembada beras serta pembangunan stadion sepak bola standar FIFA menjadi sebuah agenda di Sulawesi Selatan," ucap Herwin.

"Kami harap pemerintah pusat juga memikirkan dan memperhatikan semua aspek-aspek terkait kesejahteraan rakyat Sulawesi Selatan," sambung dia.

Herwin mengatakan, secara nasional agenda kebangsaan dan program prioritas harapan rakyat akan menjadi kunci bagi kepemimpinan yang baru. Agenda tersebut, kata dia, meliputi pemenuhan dan perlindungan hak dasar rakyat, persatuan nasional, pemajuan tata kelola pemerintahan, pelestarian lingkungan hidup, serta pemajuan teknologi untuk rakyat.

Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras mengapresiasi dukungan Projo Sulsel kepada Prabowo Subianto. Menurut dia, trend elektabilitas Prabowo pada beberapa lembaga survei masih teratas.

"Kami apresiasi dukungan dari teman-teman relawan Projo di Sulsel karena faktanya, elektabilitas Prabowo masih tertinggi saat ini," ujar Iwan.

Adapun, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid mengatakan, Golkar sejauh ini sedang melakukan lobi politik dengan Gerindra, PKB, ataupun PAN. Hal itu merujuk pada hasil Musyawarah Nasional Golkar 2019 dan Rapimnas Golkar 2020.

"Golkar mendorong nama Airlangga Hartarto menjadi cawapres calon pendamping Prabowo Subianto. Harapan kami kader Golkar Pak Airlangga jadi Cawapres Pak Prabowo, atau berpasangan dengan Pak Zulkifli Hasan membentuk poros keempat," ujar Nurdin. (suryadi/B)

  • Bagikan