Masa Jabatan KPU 11 Daerah Berakhir, Sekretariat Ambil Alih Tugas Komisioner

  • Bagikan
Logo Komisi Pemilihan Umum

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Hingga hari ini, KPU RI belum memutuskan dan mengangkat komisioner KPU di sebelas daerah di Sulsel. Akibatnya, terjadi kekosongan komisioner hingga saat ini.

Adapun 11 daerah yakni KPU Kabupaten Bone, Gowa, Bulukumba, Barru, Luwu Utara dan Luwu Timur, Maros, Pangkep, Soppeng, Tana Toraja, Toraja Utara. Hampir sebagian besa masa jabatan selesai di tanggal 24, 25, dan 26 Juni 2023.

Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan dan Penelitian dan Pengembangan. KPU RI, Parsadaan Harahap mengatakan, pihaknya akan mengumumkan secepatnya dalam pekan ini.

"Sudah dirampungkan nama-nama 5 besar. Akan disampaikan pekan ini, 1 atau 2 hari depan," ujar Parsadaan, Senin (26/6).

Selain kesibukan tahapan lain. Kemarin KPU RI lewat bidang SDM melantik 240 anggota KPU di 48 kabupaten/kota dari 7 provinsi untuk Periode 2023-2028 di halaman Kantor KPU RI, Jakarta, Minggu sore.

"Kemarin baru selesai pelantikan 7 provinsi lain, ratusan anggota KPU yang dilantik juga mengambil sumpah dan menandatangani berita acara pelantikan serta pakta integritas. Giliran, nanti secpatnya dwerah lain termasuk Sulsel," tuturnya.

Terpisah, saat dikonfirmasi pihak KPU Sulsel bagaimana mengantisipasi kekosongan komisioner di 11 daerah tersebut? Apa dampak pada pelaksanaan tahapan pemilu di 11 daerah itu?. Pihak KPU Sulsel meyakini tak ada dampak signifikan.

"Kan 11 daerah ini sedang proses setelah fit and propertes terakhor di KPU Sulsel. Sudah dikirkm ke KPU RI. Merkipun ada maaa jabatan berakhir, tapi tugas diambil alih sementara bagian Sekretariat KPU Kabupaten/kota masing-masing," jelasnya.

Meskipun diakui, terkait 11 daerah masa jabatan Tuntas pada 25 dan 26 Juni. Menurutnya, kekosongan Komisioner tidak terlalu lama. Karena ditegaskan pekan ini sudah ada nama-nama 5 besar komisioner di 11 daerah.

"Kekosongan diambil Ali Sekretariat Kabupaten/Kota. Penanggungjawab sementara yang ada di daerah. Tapi tidak mengganggu proses tahapan. Dan kami yakin beberapa hari kedepan ada mi nama-nama 5 bessr," pungkasnya. (Yadi/B)

  • Bagikan