In Memoriam Andi Sumardi Sulaiman: Sosok Sederhana dan Motivator Pejabat Muda

  • Bagikan
UPACARA PEMAKAMAN. Suasana upacara pemakaman jenazah almarhum Andi Sumardi Sulaiman di Dusun Cekkewatu, Desa Taruadae, Kabupaten Bone, Kamis (29/6/2023). (Abu/RakyatSulsel)

"Beliau sosok yang sangat murah hati, senang membantu dan selalu baik kepada siapa saja. Beliau juga sosok pengayom bagi anak buahnya di kantor. Oleh karena itu beliau sudah kami anggap seperti orang tua kami sendiri, kami merasa sangat kehilangan figur beliau, semoga beliau ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT," sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Rosmini Pandin mengutarakan, almarhum Andi Sumardi Sulaiman merupakan sosok selalu membantu dan menolong siapa saja yang membutuhkan.

"Beliau sosok yang selalu mau membantu dan menolong siapa saja, sejak masih di Kabupaten Bone dulu, hingga akhir hayatnya," katanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Amson Padolo menuturkan, almarhum Andi Sumardi Sulaiman merupakan sosok yang ramah yang sering menyapa siapa saja yang ia kenali.

"Waktu beliau masih pejabat kepala Dinas di Bone, ia ramah senang bercanda, yang saya kagumi beliau humble, senang membantu orang kalau ada yang susah," sebutnya.

"Beliau juga banyak berkomunikasi dan memberikan masukan, saya sangat terkesan dengan sosok beliau," tambahnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sulsel, Andi Hasi Nur menyatakan, almarhum Andi Sumardi Sulaiman merupakan pejabat yang dermawan.

"Dalam satu kesempatan saya mendapati bahwa beliau orang yg sangat peduli terhadap orang lain dan sangat ringan tangan dalam membantu," kata Andi Hasbi.

Kepala Bappelitbangda Sulsel, Setiawan Aswad meniai, almarhum Andi Sumardi Sulaiman sosok yang layak sebagai seorang bapak dalam dunia birokrasi, pengalamannya sebagai birokrat yang tumbuh dari bawah dalam berbagai variasi jabatan (tour of duty, tour of area).

"Dalam banyak kesempatan beliau sebagai seorang senior dan menganggap saya sebagai adik, sering memberi nasehat bagaimana memposisikan diri dan melaksanakan sebuah pemerintahan secara baik dan sesuai keinginan kepemimpinan," kata Setiawan Aswad.

Bahkan, kata dia, beberapa hari sebelum wafatnya masih sempat melakukan komunikasi untuk meminta pandangan kaitan dengan pemerintahan.

"Terakhir saya kontak beliau beberapa hari sblm beliau ia meninggal, meminta arahannya ttg penganggaran kegiatan untuk tahun 2024. Smg Allah Swt meridhoi dan membalas semua kebaikan puang Sumardi dan menempatkannya pada tempat yg sebaik-baiknya," sebutnya.

Kabid Humas Diskominfo-SP Sulsel, Yessi Yoanna Ariestiani mengungkapkan, almarhum Andi Sumardi Sulaiman merupakan tokoh yang ramah dan bijak dalam memberikan saran.

"Almarhum adalah orang yang sangat ramah, bijak memberikan saran, sangat bersahabat," sebutnya.

Bahkan, lanjut Yessi, tak sungkan Andi Sumardi Sulaiman untuk duduk bersama dalam satu meja makan bersama staff.

"Tidak membatasi diri untuk duduk makan satu meja bersama staf walau beliau pejabat. Orangnya sangat suportif dan selalu berusaha membantu orang, siapapun itu, kalau ada yang minta bantuan ke beliau, beliau pasti tidak menolak karena tidak mau mengecewakan orang," tutup Yessi. (Abu/C)

  • Bagikan