In Memoriam Andi Sumardi Sulaiman: Sosok Sederhana dan Motivator Pejabat Muda

  • Bagikan
UPACARA PEMAKAMAN. Suasana upacara pemakaman jenazah almarhum Andi Sumardi Sulaiman di Dusun Cekkewatu, Desa Taruadae, Kabupaten Bone, Kamis (29/6/2023). (Abu/RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sosok sederhana dan selalu memberikan masukan dan motivasi kepada para pegawai menjadi karakter yang melekat pada diri Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Sulawesi Selatan, almarhum Andi Sumardi Sulaiman. Tak sedikit hingga masyarakat merasa kehilangan terutama pada jajaran pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Diketahui, almarhum Andi Sumardi Sulaiman meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji, Makassar. Kakak Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman itu dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung, Rabu (28/6/2023).

Upacara pemakaman jenazah almarhum Andi Sumardi Sulaiman di Dusun Cekkewatu, Desa Taruadae, Kabupaten Bone, Kamis (29/6/2023).

Sebelum pemakaman berlangsung, pihak keluarga melakukan serah terima jenazah almarhum Andi Sumardi Sulaiman kepada Pemerintah Kabupaten Bone dan dilepas langsung pihak keluarga almarhum, A. Ibrahim.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan permohonan maaf dan doa yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan dan kekhilafan oleh almarhum Andi Sumardi Sulaiman.

"Kami tentu atas nama keluarga memohon doa dan permohonan maaf sebesar-besarnya atas segala kekhilafan dan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja oleh Almarhum kakak kami selama masa hidupnya," ucapnya.

Asisten I Setda Pemprov Sulsel, Andi Aslam Patonangi mengatakan, sosok sederhana menjadi gambaran ketika nama almarhum Andi Sumardi Sulaiman diucapkan. Itu tercipta dari cara dia bersosialisasi yang tak memilah rekan bergaul, baik sesama pejabat pemerintahan maupun staff.

"Beliau (almarhum Andi Sumardi Sulaiman) orang baik, dalam interaksi dengan teman-teman ASN, dia tidak memilih tingkat eselon. Artinya, dia tidak hanya bergaul kepada pejabat eselon II, dia juga dekat dengan adek-adek dibawah," ungkapnya, saat diwawancara Harian Rakyat Sulsel, Jumat (30/6/2023).

Selain itu, lanjut Aslam, semangat membangun yang ia miliki tentu sangat berdampak baik untuk para pegawai yang berada disekitarnya.

"Dalam interaksi kepemimpinan itu, mencerminkan bahwa beliau orang baik. Sebagai teman, saya melihat beliau punya keinginan yang besar untuk memperbaiki kinerja organisasi," sebutnya.

Sekretaris Bapenda Sulsel, Reza Faisal Saleh mengungkapkan, tak hanya sebagai kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya, almarhum Andi Sumardi Sulaiman juga sangat mengayomi para pegawai yang bekerja di tempatnya layaknya sebagai seorang anak.

  • Bagikan