Pegawai Rumah Sakit dr Hasri Ainun Habibie Dilatih Pelayanan Prima

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Rumah Sakit Regional dr Hasri Ainun Habibie (HAH) Kota Parepare, Sulawesi Selatan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, dengan menggelar kegiatan Service Excellent Training atau pelayanan prima, di Ruang Pertemuan RS Regional dr HAH, Senin (3/7/23).

Dalam sambutannya, Direktur RS Regional dr. Hasri Ainun Habibie, dr. Mahyuddin Rasyid mengatakan, Service Excellent ini adalah sebuah kewajiban, sebuah keharusan bagi instansi yang memberikan pelayanan kesehatan.

"Hari ini kita melakukan kegiatan Service Excellent Training. Service Excellent ini merupakan hal yang wajib bagi layanan kesehatan, karena yang kita layani ini adalah manusia. Service Excellent sendiri itu sebenarnya adalah, bagaimana membuat Pasien atau Costumer yang datang bisa merasa nyaman dan bisa tersenyum, serta mengurangi apa yang mereka rasakan, atau penderitaan yang mereka rasakan saat masuk, "ujarnya.

Selain itu, dr. Mahyuddin Rasyid menambahkan, inti dari Service Excellent ini, harus selalu ada solusi yang kita berikan kepada pasien yang datang, misalnya terapi, atau dengan layanan yang lain.

" Karena yang datang ini ada saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan. Kalau kita tidak bisa memberikan Service Excellent, maka tentunya kita tetap berikan pelayanan terbaik, minimal dalam hal ini bisa mengurangi apa yang mereka rasakan saat mendapatkan pelayanan,"ucapnya.

Kenapa layanan kesehatan itu harus berpatokan dengan Service Excellent, lanjut dr. Mahyuddin Rasyid, karena kenapa, core business atau value dari rumah sakit itu adalah service, atau layanan yang kita berikan.

"Usaha kita tuh di bidang layanan, jasa namanya, bukan barang. Dalam hal ini, layanan itu ditentukan oleh puas atau tidak puasnya atas layanan yang kita berikan. Service Excellent itu adalah menjadi patokan dari standar layanan yang kita berikan, bahwa itu harus memberikan rasa kepuasan tersendiri bagi pasien, "jelasnya.

Kegiatan Service Excellent Training, dengan menghadirkan Narasumber dari Kota Makassar, Dosen Stikes Panakkukang, dr(C)., NS. Muh. Yusuf Tahir. Dan dihadiri sekitar 15 puskesmas dan 2 dari layanan kesehatan, serta staf Rumah Sakit Regional dr Hasri Ainun Habibie.

" Yang tentunya, memang saya sampaikan layanan kesehatan itu harus sesuai dengan pelayanan Service Excellent, bahwa layanan itu harus memberikan impression. Memberikan kesan nyaman dan pasien merasa dimanusiakan, itu sebenarnya inti dari Service Excellent ini, "ungkapnya.(*)

  • Bagikan