Makassar Tuan Rumah Rakernas APEKSI 2023, Polrestabes Kerahkan Pengamanan Maksimal

  • Bagikan
Kasi Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando KS

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -- Polrestabes Makassar turut menyiapkan sejumlah personilnya untuk berjaga sepanjang kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI berlangsung. Kegiatan ini rencananya dilaksanakan di Kota Makassar, Senin - Jumat, 10-14 Juli 2023.

Pada kegiatan ini, ada sekitar 85 wali kota se-Indonesia direncanakan akan berkumpul di Makassar. Termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga disebut-sebut akan hadir di acara tersebut. 

Selain itu, orang nomor satu di Indonesa itu juga disebut akan hadir didampingi dua menteri yakni Menteri Perdagangan dan Menteri Aparatur Negara.

Begitu juga dengan tiga bakal calon presiden 2024 disebut akan hadir, diantaranya Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Banyaknya tamu istimewa yang direncanakan hadir, Polrestabes Makassar pun melakukan pengamanan maksimal.

"Polrestabes Makassar sendiri jauh hari sebelum pelaksanaan kegiatan ini sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan penyelenggaraan terkait pengamanan. Yang jelas kita maksimalkan pengamanan sehingga kegiatan ini berlangsung lancar, aman dan kondusif hingga selesai," ujar Kasi Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando KS saat dikonfirmasi, Minggu (9/7/2023).

Kata Lando, pihaknya telah menunjuk sejumlah personilnya untuk berjaga baik di lokasi kegiatan, jalur yang akan dilalui rombongan tamu APEKSI, hingga tempat penginapan. 

Namun dalam pengamanan ini, Polrestabes Makassar disebut bekerjasama dengan Polda Sulsel, TNI, dan instansi terkait. Adapun untuk pengamanan Presiden khusus dilakukan oleh Paspampres.

"Jadi pengamanan itu baik di lokasi acara maupun rute yang akan dilalui rombongan tamu, demi kelancaran arus lalu lintas. Kita juga sudah lakukan layout penempatan personil, dan menunjuk personil yang akan melakukan penjagaan," sebutnya.

"Kan rencananya juga dihadiri bapak Presiden, cuman leading sektornya itu di Paspampres. Bukan berarti kita tidak terlihat tapi kalau SOPnya kita di ring tiga, jadi kita back up bersama instansi terkait," sambungnya.

Lando tak menyebut secara rinci berapa personil Polrestabes Makassar yang dilibatkan dalam pengamanan. Dia hanya menyebut personil termasuk kendaraan Taktis akan diturunkan dalam pengamanan kegiatan ini.

Diapun menyampaikan kepada masyarakat untuk mendukung kegiatan ini dan meminta untuk sama-sama menjaga kota Makassar agar tetap aman dan kondusif.   

"Untuk kendaraan Taktis nanti kalau ada titik dianggap rawan seperti unjuk rasa. Jadi kita siagakan bukan untuk hal apa, menakut-nakuti masyarakat, tapi dilaksanakan seperti pengamanan yang rutin dilakukan. Kami juga berharap masyarakat ikut bekerjasama dalam menjaga Kamtibmas, apalagi ada tamu, jadi dimohon untuk tidak melakukan hal hal yang tidak terpuji," pungkasnya. (Isak/B)

  • Bagikan