HUT Sulsel ke-354 Tahun, Rest Area Jeneponto Tak Kunjung Diresmikan

  • Bagikan
Rest Area Jeneponto (Ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Bersamaan dengan semarak perayaan HUT Sulsel ke-354 tahun, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai meresmikan satu persatu sejumlah proyek strategisnya, diantaranya antara lain RS Regional Bone dan Rest Area Datae Sidrap yang telah diresmikan pada Senin, 31 Juli 2023 lalu.

Hanya saja,  tidak semua proyek strategis pemprov yang telah dirancangnya dapat terkejar hingga akhir masa jabatan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Salah satunya, Rest Area Jeneponto dan Masjid 99 Kubah.

Ketua Pantia HUT Sulsel, Ahmadi Akil menyampaikan, proyek strategis Rest Area Jeneponto yang rencana juga akan diresmikan menjelang perayaan HUT Sulsel ke-354 belum dapat dilakukan.

"Hanya Rest Area Sidrap kemarin, kalau Rest Area Jeneponto ternyata belum siap (diresmikan)," kata Ketua Panitia HUT Sulsel, Ahmadi Akil, Rabu (2/8). 

Ahmad Akil mengatakan, dengan demikian rangkaiannya pun dihapuskan dalam kalender event HUT Sulsel. Selain itu, Masjid 99 Kubah yang juga direncanakan akan diresmikan pada hari yang sama, 8 Agustus nanti, juga masih belum dapat dipastikan.

"Kalau Masjid 99 Kubah tetap, hanya waktunya disesuaikan dengan Pak Gub," terang Ahmadi.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Tata Ruang, Cipta Karya, dan Sumber Daya Air, Patiwiri menerangkan, pengerjaan Rest Area Jeneponto belum rampung.

Bahkan, ia mengatakan jika progres untuk Tahun Anggaran 2023 masih berkisar di angka 30 persen. "Fokus pengerjaan tahun ini masjid, toilet, parkir, dan jalan," kata ia.

Hal tersebut, kata Patiwiri disebabkan karena proyek itu sempat mangkrak selama tiga pekan. Penyebabnya, karena ada masalah antara masyarakat setempat dengan pelaksana proyek.

"Di sana sempat ada riak-riak (persoalan), bulan lalu (Juli). Ada yang mempermasalahkan terkait tenaga kerja, maunya tenaga kerjanya semua dari masyarakat (sana). Ada juga masalah bahan," tukasnya, Rabu (2/8/2023).

Namun demikian, ia mengaku bahwa persoalan tersebut sudah tuntas, setelah kedua belah pihak dipertemukan. Proyek tersebut juga sudah dilanjutkan kembali. "Targetnya selesai sekitar September," tambahnya.

Untuk Masjid 99 Kubah, kata Patiwiri, sudah mencapai pengerjaan 90 persen lebih. Tersisa pemasangan granit pada tangga Masjid dan pemasangan paving block untuk jalan. Ia menargetkan pengerjaannya bisa selesai pertengahan Agustus. (Abu/B)

  • Bagikan