12 Purnabakti Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Prosesi Wisuda

  • Bagikan
Wisuda Purna Bakti Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dilakukan secara serentak Pada semua Kantor Wilayah, Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto meminpin prosesi wisuda secara daring, Senin (07/8).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wisuda Purna Bakti Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dilakukan secara serentak Pada semua Kantor Wilayah, Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto meminpin prosesi wisuda secara daring, Senin (07/8).

Pada Kanwil Kemenkumham Sulsel, sebanyak 12 orang purnabakti Kanwil Sulsel dan 2 (dua) orang purnabakti Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil kemenkumham Sulteng) mengikuti Wisuda Purnabakti Pengayoman tersebut.

Seluruh peserta wisudawan menjalani prosesi wisuda secara simbolis yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak didampingi Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Indah Rahayuningsih.

Sekjen Kemenkumham Komjen Pol Andap Budhi Revianto dalam arahannya mengatakan, pelaksanaan wisuda ini merupakan wujud apresiasi dan penghargaan dari pegawai yang saat ini aktif, sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Kemenkumham ke-78 Tahun 2023.

“Atas nama Pak Menteri dan seluruh jajaran Kemenkumham, saya menyampaikan penghormatan dan ucapan terima kasih kepada senior tercinta, para wisudawan/wisudawati atas pengabdian, prestasi kerja, dan dharma bakti selama bertugas di Kemenkumham,” kata Andap.

Andap melanjutkan, masa purnabakti bukan berarti tugas sudah selesai. Setiap pegawai purnabakti dapat melanjutkan tugas yang berbeda, dalam hal ini ada beberapa pegawai purnabakti yang bekerja di tengah masyarakat. Ini merupakan bukti bahwa eksistensi Kemenkumham semakin melekat di tengah masyarakat.

“Saya ajak bapak/ibu yang sudah purna tugas untuk menjaga marwah dan kehormatan Kemenkumham. Ini keharusan dan kewajiban sebagai insan pengayoman. Kita bisa lihat dari pemberitaan, ketika ada sesuatu hal yang baik, maka citra Kemenkumham menjadi baik," jelas Andap.

Andap juga berharap agar para pegawai Kemenkumham yang masih aktif untuk intens berkomunkasi dengan pegawai purnabakti dan menggali informasi serta belajar banyak hal dari mereka. “Sebagai junior, kita harus belajar karena hidup ini sesungguhnya proses belajar yang tidak berhenti,” ulas Andap.

TIdak lupa, Andap berpesan kepada para Kakanwil di daerah untuk memfasiltasi pertemuan dengan purnabakti setiap saat.“Saya minta agar diadakan forum silahturahmi, Focus Group Discussion (FGD), atau sharing informasi kapanpun," pesan Andap.

Diketahui, Proses wisuda ini diikuti sebanyak 877 wisudawan se-Indonesia. 51 peserta hadir langsung di Graha Pengayoman, sementara 826 wisudawan lainnya mengikuti secara daring. Selama periode 01 September 2022 hingga 01 Agustus 2023, terdapat 1.228 pegawai yang telah memasuki Masa Purnabakti.

Adapun Pada Kanwil Sulsel, Ke-12 wisudawan tersebut yakni: Sirajuddin (Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sulsel), Syamsul Bahri (Kepala Urusan Kepegawaian dan Keuangan Lapas Kelas IIA Sungguminasa), Titi Sunarti (Kepala Urusan Keuangan BHP Makassar), Andi Ansar Syamsuddin (Pelaksana Rutan Kelas I Makassar), Andi Muliyadi (Pelaksana Rutan Kelas I Makassar), Ilham (Pelaksana Rutan Kelas I Makassar), Abd. Rahman (Pelaksana Lapas Kelas I Makassar), Ridwan R (Pelaksana Lapas Kelas I Makassar), Ernawati (Pelaksana Lapas Kelas I Makassar), Asrawan Silondae (Pelaksana Kanim Kelas I TPI Makassar), Dahlan (Pelaksana Kanim Kelas I TPI Makassar), dan Serifuddin (Pelaksana LPKA Kelas II Maros).

Sedangkan kedua wisudawan dari Sulteng, yakni: Sunar Agus (Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng) dan A Tenri Abeng (Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan Perawatan Kesehtan dan Rehabilitasi Kanwil Kemenkumham Sulteng).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Jaya Saputra, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Suprapto, Kepala Divisi Hukum dan HAM (Kadivyankum HAM) Hernadi, serta jajaran pegawai dari Kanwil dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Makassar. (*)

  • Bagikan