Pemprov Target Tuntaskan Lima Jembatan Tahun Ini, Termasuk Jembatan Cenranae Lama Wajo

  • Bagikan
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulsel Astina Abbas.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Lima Jembatan diproyeksikan selesai dikerjakan pada tahun ini sesuai dengan rencana yang telah di anggaran tahun ini. Termasuk Jembatan Cenranae Lama di Kabupaten Wajo. 

Kepala Dinas BMBK Sulsel, Astina Abbas mengatakan, jembatan ini dibangun kembali karena konstruksi yang ada sudah berusia tua, yakni 37 tahun.

"Diganti dengan jembatan baru dengan konstruksi beton bertulang," kata ia.

Ia membeberkan, pembangunan jembatan baru ini, untuk menggantikan jembatan yang lama yang sudah amblas. Selain itu, abutmen atau struktur yang terletak pada ujung jembatan atau dan yang berfungsi sebagai penumpu bentangan jembatan sudah tergerus.

"Selain itu kondisi jembatan sudah lama yang dibangun sejak 1986 atau sekitar 37 tahun silam," terangnya.

Menurut ia, rencana pembangunan baru jembatan ini dengan konstruksi beton bertulang. Dengan panjang total bentangan 22 meter. "Dan lebar 9 meter termasuk trotoar," imbuhnya.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas BMBK Sulsel, Irawan Dermayasamin menambahkan, anggaran yang disiapkan untuk ruas tersebut mencapai Rp6,9 miliar. Namun, nilai kontraknya hanya berjumlah Rp5,8 miliar.

"Ini merupakan jembatan yang berada para ruas utama, jalan poros antara Wajo dan Soppeng," tukasnya, Minggu (27/8/2023).

Sebelumnya, Dinas BMBK juga sudah merampungkan konstruksi jembatan di Kabupaten Sidrap. Yakni jembatan Pacongkang dengan konstruksi baru di Kabupaten Soppeng.

Pembangunan baru jembatan dipilih alih-alih hanya merehabilitasi dengan pertimbangan keselamatan masyarakat. Apalagi, jembatan-jembatan tersebut berada pada ruas utama yang lalu lintas harian rata-ratanya tinggi. (Abu/B)

  • Bagikan