Lokmin Linsek UPT Puskesmas Barebbo, Ini Pesan Kabid P2P Dinkes Bone

  • Bagikan
Pelaksanaan Lokmin Lintas Sektor Triwulan III UPT Puskesmas Barebbo

BONE, RAKYATSULSEL - Guna meningkatkan kerjasama dan memantau cakupan pelayanan puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas itu sendiri, UPT Puskesmas Barebbo melaksanakan Lokakarya mini Lintas Sektor (Lokmin Linsek), di aula UPT Puskesmas Barebbo di Jl. Poros Bone-Sinjai Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Kamis (31/08/2023).

Kepala UPT Puskesmas Barebbo, La Abu Kagure mengatakan, Lokakarya mini sektoral merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim.

"Ini merupakan Loka Karya Mini (Lokmin) Lintas Sektor Triwulan III (Ketiga) Tahun 2023 UPT Puskesmas Barebbo. Kami sangat mengharapkan sinergitas, saran, solusi dan tanggapan serta bantuan kita semua demi kesehatan masyarakat," ujar La Abu Kagure.

Camat Barebbo, Hj Faidah Rusli yang membuka acara tersebut, dalam sambutannya mengharapkan peningkatan kerjasama dan sinergi semua pihak.

"Tanpa sinergitas dan kerjasama semua pihak serta semua elemen maka tentu kita akan mengalami kendala atau hambatan. Olehnya itu, kolaborasi, sinergitas dan kerjasama sangat diharapkan," tegas Hj. Faidah.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, dr Kasmawar Abbas menjelaskan perlunya sinergitas dan komunikasi serta kolaborasi semua pihak.

"Kita harus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Untuk itu diperlukan solusi dan peran bantu antara semua lintas dan stakeholder. Dinkes Bone saat ini gencar dan rutin melakukan vaksin gratis, baik di Posyandu maupun di sekolah-sekolah
Diharapkan tidak ada lagi gap antara tenaga kesehatan (nakes) dengan masyarakat," jelas dr Kasmawar Abbas.

Wanita yang akrab disapa dokter Mawar ini lebih lanjut menjelaskan, bahwa eajib mencantumkan nomor kontak pelayanan kesehatan yang dapat dihubungi setiap saat.

Tambahnya lagi, dalam memberikan pelayanan sebagai pelayan, harus mengedepankan etika dalam bertindak.

"Kita ini adalah pelayan, maka selalu beretika dalam bekerja memberikan pelayanan. Etika itu sangat perlu dan penting," tegasnya

Selain itu, saat ini gencar dilaksanakan adalah pemeriksaan deteksi dini pada anak sekolah dan diharapkan masyarakat melakukan pemeriksaan/cek kesehatan berkala di Puskesmas serta rajin berolahraga.

"Saat ini pula sebanyak 38 Puskesmas di Kabupaten Bone telah mendapatkan akreditasi dan dua puskesmas yakni Puskesmas Libureng dan Puskesmas Kahu telah akreditasi Paripurna," pungkasnya. (Enal)

  • Bagikan