Cak Imin Penuhi Panggilan KPK, Pengamat Nilai Kasus yang Dipolitisasi Bakal Tuai Simpatik

  • Bagikan
Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad

Menurutnya, Cak Imin ketika memperlihatkan bahwa dia adalah dikorbankan dikriminalisasi. Kenapa setelah gabung Anies baru terungkap kasus. Karena Anies selama ini dianggap  oposisi pemerintah.

Ketika cak Imin masuk di sana, kata dia. Ini justru menarik simpati masyarakat bahwa memang kelompok Anies yang tergabung di dalamnya itu di lawan oleh pemerintah.

"Ini justru bisa menimbulkan simpati di masyarakat. Di sisi lain lain justru bisa mendapat penilaian negatif. Jadi ini sangat bergantung Muhaimin mengklarifikasi," tukasnya.

"Jadi ini sebenarnya membrand diri. Jadi ini bisa berdampak Negatif. Tapi kalau diolah dengan baik bisa diasumsikan sebagai kriminalisasi. Justru ini bisa menarik simpati," sambung dia.

Lantas bagaimana tanggapan pengamat, mengenai efek ekor jas PKB dan NasDem usai deklarasi Cawapres. Pengamat politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad mengatakan, paket Anies-Cak Imin sangat ideal, karena akan menggarap basis NU.

"Bagaimana paket Anies-Cak Imin? Ini sangat ideal. Karena cak Imin ada basis kultural Pemilih itu adalah NU. Kemudian harus dibaca di Jawa Timur dia membawa gerbong NU karena basis basis kuat. Dan Muhaimin Cicit dari pendiri NU.  Kemudian Ganjar dan Prabowo harus memilih dari NU," jelasnya.

Ditambahkan, Cak Imin potensi sebagai Cawapres karena dampak politiknya sangat besar di PKB. Cak Imin Cawapres akan berdampak terhadap caleg calegnya.

"Jadi cak Imin pada dirinya tapi terhadap partainya. Itu yang membuat kecewa demokrat karena ketika AHY pendamping Anies itu berdampak kepada caleg," sebutnya. (Yadi/B)

  • Bagikan