Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan Pompa Air ke Penghasil Padi di Wilayah Zona Kuning

  • Bagikan
Ilustrasi Bantuan Pompa Air

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemprov Sulsel mulai menyalurkan bantuan pompa air ke wilayah penghasil komoditas padi yang masuk dalam kategori zona kuning (perlu penanganan), untuk membantu penyaluran air akibat El-Nino.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang (SDA-CKTR), Andi Darmawan Bintang mengatakan penyaluran pompa air itu berdasarkan permintaan dari Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan UPTD terkait.

Kata dia, hal itu dilakukan untuk memberikan atensi terhadap dampak kekeringan terutama dalam hal penyediaan air terutama pada wilayah pertanian, apalagi saat ini beberapa wilayah pertanian terutama padi sudah butuh perhatian lebih.

“Pada prinsipnya kami standby dan sudah ada P3A meminta bantuan kami terutama UPTD meminta bantuan untuk pompa dan kita sudah berikan yang ada,” sebutnya.

Meski telah memberikan bantuan pompa air, Andi Darmawan Bintang mengakui hal itu belum mampu untuk memberikan support maksimal terhadap pemenuhan air para petani namun itu sudah terbilang membantu.

“Belum seluruhnya mampu mengatasi atau mengairi keseluruhan, apa yang sudah di lakukan ini untuk meringankan untuk menyediakan air, dan kita sudah lakukan itu, meski demikian sudah teratasi,” sebutnya.

Ia membeberkan, pemberian bantuan pompa air itu sudah dilakukan di Kabupaten Wajo.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas TPH-Bun, Imran Jauzi mengatakan, untuk komoditas padi pada sembilan wilayah itu di mulai dari Kota Makassar dengan tingkat kekeringan ringan seluas Lima Hektar. 

Kabupaten Maros memiliki kekeringan ringan sebayak 129 Hektar, kekeringan sedang  72 Hektar dan kekeringan berat 34 Hektar, dinyatakan puso (gagal panen) 154 hektar dan jumlah yang terdampak itu seluas 389 hektar. serta dinyatakan pulih seluas 215 hektar.

  • Bagikan