PJ Gubernur Sulsel Dorong Daerah Segera Lakukan Penandatanganan NPHD

  • Bagikan
Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Sulsel, dalam menyukseskan Pemilu 2024

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin terus melakukan push untuk pelaksanaan penandatanganan NPHD untuk seluruh kabupaten dan Kota yang ada di Sulsel.

Hal itu diutarakannya, dalam Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda ) dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, yang Luber Jurdil Lancar, Aman dan Damaim, di Era Baru Sulsel Menuju Indonesia Maju, Forum itu dihadiri para pejabat Forkopimda dan Kepala Daerah se-Sulsel, di Hotel Claro, Rabu (11/10/2023).

Kata dia, persiapan pemilu sangat ditunjang dengan ketersediaan dana, yang tentu dana Pemilu yang mesti disiapkan oleh pemerintah daerah kabupaten dan kota harus sesegera untuk melakukan NPHD.

Ia melanjutkan, sulsel merupakan provinsi pertama di indonesia yang melakukan penandatanganan NPHD bersama pihak penyelenggara pemilu, ia juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah melakukan NPHD di masing-masing wilayah, seperti Kabupaten Gowa dan  Kabupaten Maros.

Ia menekankan kepada setiap pemerintah daerah untuk segera melaksanakan perintah penyedian 40 persen dana pemilu pada tahun anggaran ini, dan hal itu menurutnya tak perlu dipertanyakan lagi, apalagi kata dia sebelumnya itu juga sudah disampaikan.

Saat diajukan pertanyaan tentang limit waktu pelaksanaan penandatanganan NPHD kepada masing-masing Pemda, Bahtiar dengan tegas menyampaikan harus pelaksanaannya.

 “Ya perintahnya tahun 2023 itu 40 persen, tahun 2024 60 persen. Ini bukan untuk didiskusikan tapi dilaksanakan secepatnya. Apalagi pemerintah pusat sudah jelas perintahnya,” tegas Bahtiar.

Ia menuturkan, ketersediaan anggaran pemilu tentu akan sangat berpengaruh pada segala tahapan proses pemilu yang sukses nantinya.  

“Kita harus meneguhkan semuanya bahwa kita sudah siap menggelar, dan mengawal sukses pemilu serentak 2024,” sebut Bahtiar.

Ia menuturkan, dalam sebulan ini, pemerintah daerah se -Sulsel harus segera melakukan NPHD.

“Dalam sebulan ini, seluruhnya sudah harus melakukan NPHD, mana mungkin kita mau pilkada kalau tidak ada anggarannya,” papar Bahtiar.

lebih jauh, juga ia menegaskan dalam dua pekan kedepan, kesiapan dana dari masing masing kabupaten/kota akan diumumkan. Kemudian Pemda sudah harus melakukan penandatanganan NPHD .

“Saya dua hari yang lalu bersama Pak Mendagri, saya janjikan Sulsel akan selesai semua (dalam waktu dekat,red), “ pungkasnya. (Abu/B)

  • Bagikan