Dinas PU Makassar Genjot Benahi Drainase

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar telah melakukan pembenahan drainase sebagai upaya mitigasi banjir. Apalagi, saat ini Kota Makassar telah memasuki musim penghujan.

Data Dinas PU Kota Makassar pembenahan drainase yang dilakukan pada periode Januari hingga November 2023 tercatat sebanyak 8.880 meter.

Kepala Bidang Drainase Dinas PU Makassar, Nur Hidayat mengungkapkan selama pembenahan drainase ini Dinas PU Makassar juga berhasil mengangkat sebanyak 3.614 kubik sedimen.

"Itu total kita benahi panjangnya mencapai 8.880 meter di seluruh Kota Makassar. Itu laporan terakhir November, untuk Desember kita masih rekap," ujar Nuhidayat, Jumat (8/12).

Maka dari itu, Ia mengaku telah menurunkan tim satgas drainase ke kecamatan untuk melakukan pembenahan. Apalagi, saat ini telah memasuki musim penghujan yang mana terdapat wilayah-wilayah yang mudah tergenang.

Selain faktor cuaca, Nurhidayat mengatakan genangan-genangan yang terjadi karena faktor geografis. Di mana, terdapat wilayah-wilayah yang cenderung rendah dibandingkan disekitarnya sehingga membuat air akan berkumpul di kawasan tersebut.

Ia juga menambahkan genangan juga disebabkan karena adanya sumbatan di saluran air. Di mana, masih banyak ditemukan sampah yang tertumpuk di saluran air.

Sehingga, Ia meminta kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang apalagi di saluran air. "Jadi kebiasaan dari masyarakat lagi," tutup Nurhidayat. (Shasa/B)

  • Bagikan