Antisipasi Kenaikan Harga, DKP Makassar Gelar Gerakan Pangan Murah Tanpa Gunakan Kupon

  • Bagikan
Salah satu lokasi Gerakan Pangan Murah di Jalan Cakalang III, Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar, Kamis (14/12). Foto: SHASA ANASTASYA/RAKYATSULSEL/A

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang menyediakan pangan pokok dan olahan dengan harga terjangkau, di antaranya beras, gula dan minyak goreng.

GPM ini berlangsung mulai tanggal 13 Desember hingga akhir Desember 2023 yang di pusatkan di pemukiman masyarakat yang tersebar dibeberapa titik di kelurahan yang ada di Kota Makassar.

Kegiatan ini digelar untuk pengendalian inflasi sekaligus sebagai langkah antisipatif terhadap kenaikan harga yang umumnya terjadi pada hari besar keagamaan atau jelang Natal dan Tahun Baru.

"Kami turun untuk mengendalikan harga dengan menjual pangan sesuai dengan standar pemerintah," ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar Mahyuddin, Kamis (14/12).

Mahyuddin mengungkapkan dalam kegiatan GPM ini pihaknya menyiapkan sebanyak 1,5 ton dan beras, 300 Kg gula.

Ia menambahkan GPM ini memiliki konsep mirip dengan Mini Bus Distribution (MDC) yang mana sistem penjualannya masyarakat hanya datang secara langsung ke lokasi.

"Kami melihat di mana konsentrasi masyarakatnya banyak yang memiliki ekonomi menengah ke bawah disitu kami gelar GPM," ujar Mahyuddin.

Lebih jauh, Mahyuddin menyebut harga komoditi saat ini berdasarkan hasil pemantauan pasar menunjukkan kenaikan harga namun masih dalam batas terkendali, terutama untuk gula, minyak, dan beras.

Sehingga, dengan adanya GPM ini masyarakat di Kota Makassar terbantu untuk memenuhi kebutuhannya dengan harga yang terjangkau. (Shasa/B)

  • Bagikan