Awal 2024, UMI Kembali Kukuhkan Tiga Guru Besar Perkuat SDM

  • Bagikan

"Para Profesor di UMI harus selalu share ilmu pengetahuan mereka kepada siapapun terutama orang-orang disekitar mereka," demikian saran dia.

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Aryati, SE, M.Si. menyampaikan pidato bertajuk "Memaknai ekonomi perubahan dan lingkungan teknologi dalam era ketidakpastian".

Ia menuturkan, beberapa point penting yang terangkum dalam kondisi yang memungkinkan untuk dipersiapkan, dimana kondisi ekonomi perubahan dan lingkungan teknologi saat ini.

"Fokus pada lingkungan sebagai modal dasar, bahwa menjaga alam agar terus bisa bertahan dan terlaksana kegiatan operasional serta produksi," ujarnya.

Lanjut dia, dengan menjaga lingkungan, pembangunan yang berkelanjutan bisa tetap disiapkan serta jalankan sesuai dengan harapan masa depan, kelestarian alam menjadi focus yang tak bisa ditawar lagi.

Fokus sosial dan budaya, bahwa kehidupan sosial dan budaya yang miliki nilai pembeda dan menjadi modal yang mampu dimanfaatkan lebih baik lagi sebagai sebuah potensi yang mahal dan mendorong kemajuan ekonomi kedaerahan serta ekonomi.

"Fokus pada manusia, bahwa kemampuan individu untuk sanggup berinisiatif dan berkreasi melakukan inovasi serta hal baru dengan semangat kewiraswastaan (entrepreneurship)," demikian disampaikan Aryati.

Sedangkan, Prof. Dr. Ir. Lamatinulu memaparkan pidato singkat berjudul "Strategi perbaikan kerja perspektif pelanggan industri pengelohan Kakao skala UKM dengan pendekatan interpretive structural modeling".

  • Bagikan