Emas Antam Hari Ini Naik Rp 4.000 jadi Rp 1.134.000 Per Gram

  • Bagikan
Ilustrasi: Emas Antam

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Harga emas Antam keluaran logam mulia PT Aneka Tambang Tbk tercatat naik Rp 4.000 menjadi Rp 1.134.000 per gram hari ini, Selasa (16/1). Harga tersebut tercatat sebagai kenaikan pertama pekan ini setelah turun tipis Rp 1.130.000 per gram pada awal pekan.

Harga emas yang naik juga berlaku untuk harga penjualan kembali atau buyback emas Antam sebesar Rp 4.000 menjadi dibanderol Rp 1.034.000 per gram. Meski begitu, Antam memastikan harga buyback emas mengikuti pergerakan harga emas dunia.

Mengutip Reuters, harga emas dunia menguat karena daya tarik logam tersebut didorong oleh permintaan safe-haven karena ketegangan di Timur Tengah, sementara pasar meningkatkan taruhan bahwa Federal Reserve akan menurunkan suku bunga secepatnya pada bulan Maret.

Harga emas di pasar spot naik 0,2 persen menjadi USD 2,052.10 per ounce dan emas berjangka AS naik 0,2 persen menjadi USD 2,056.40. Perang antara Israel dan Hamas telah melewati batas 100 hari ketika Israel melanjutkan serangan sengitnya, sementara ancaman milisi Houthi untuk menanggapi serangan udara AS di Yaman membuat risiko tetap tinggi.

Emas cenderung berkinerja baik selama gejolak ekonomi, dengan keandalan yang dapat membantu mengimbangi risiko aset yang lebih bergejolak dalam kondisi seperti ketidakpastian geopolitik.

“Emas spot juga meningkat karena pasar berpegang pada harapan bahwa The Fed akan memangkas suku bunga acuannya pada awal Maret,” kata Han Tan, kepala analis pasar di Exinity Group.

“Peluang emas untuk mencetak rekor tertinggi baru akan tetap terbuka selama The Fed dapat bergerak sesuai dengan ekspektasi pasar,” tambah Tan.

Para pedagang sekarang memperkirakan kemungkinan sebesar 73 persen bahwa The Fed akan menurunkan suku bunganya pada bulan Maret.

Baca Juga: Dianiaya Anak Jenderal, Anak Aspri Hotman Paris Cedera Rusuk Kiri, Jantung Membengkak

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang berinvestasi pada emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Sementara itu, berikut rincian harga emas Antam dari 0,5-1.000 gram di Butik Emas LM, Graha Dipta, Pulo Gadung, Jakarta Timur pada Selasa, 16 Januari 2024 belum termasuk pajak. (JP)

  • Bagikan