Mengenal Lebih Dekat Muh Elfin Jufri, Berpikir Global Bertindak Lokal

  • Bagikan
Muh Elfin Jufri

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Muh Elfin Jufri, salah satu inovator muda yang berkecimpung dalam bidang teknologi. Nawaitunya untuk menorehkan konstribusi besar pada pembangunan daerah ditandai dengan keikutsertaannya dalam kancah politik.

Kemudian ia pun bergabung di Partai Demokrat sebagai caleg dari Dapil wilayah Sulsel 5 (Bulukumba dan Sinjai) dengan no urut 5. Ia mengusung tagline Berpikir Global Bertindak Lokal (thingking globally act locally).

Menurut Elfin yang juga Ketua Umum IKA Fakultas Elektro Universitas Fajar Makassar, saat ini kita berada dipusaran perkembangan global dengan pengaruh perkembangan teknologi yang luar biasa.

Kondisi itu tentunya memiliki plus minus yang harus disikapi secara bijak. Terutama dampak yang ditimbulkan, seperti adanya pergeseran nilai etika dan budaya.

"Kita harus bertindak terbuka terhadap perkembangan global. Namun tetap menjunjung tinggi etika, norma dan moral yang berlaku didaerah kita. Terkhusus pada perkembangan teknologi yang harus dimanfaatkan dan disikapi secara bijak," kata Elfin.

Elfin juga menuturkan bahwa konsep berpikir global dan bertindak lokal akan dibarengi dengan hadirnya ide dan gagasan yang kreatif. Agar nantinya memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Kita akan buat program infrastruktur teknologi berkelanjutan. Memperluas akses terhadap teknologi dan internet di daerah-daerah hingga kepelosok desa. Dukungki Elfin Do, supaya tidak ada lagi daerah yang tidak memiliki akses jaringan internet dan segenap masyarakat mendapat layanan pendidikan dan teknologi dengan baik di Bulukumba dan Sinjai," tutur Elfin.

Adapun wisi misinya yakni menciptakan daerah yang tangguh mandiri dan berdaya saing dipanggung global. Memastikan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat lokal melalui program pengembangan UKM. Peningkatan infrastruktur dan fasilitasi akses modal bagi pelaku usaha. Transparansi dan akuntabilitas, mendorong pemerintahan. Pemanfaatan teknologi dalam penyampaian indormasi pemerintahan.

Elfin memiliki sejumlah pengalaman. Diantaranya, Departemen Keilmuan Himpunan Mahasiswa Elektro Universitas Fajar Makassar, sekertaris dewan pemusyawaratan mahasiswa fakultas teknik Universitas Fajar, Makoordinator humas mahasiswa pecinta alam fakultas teknik Universitas Fajar Makassar.

Ia juga pernh mejabat koordinator humas senat mahasiswa Fakultas Tehnik Universitas Fajar Makassar. Ketua Umum IKA Fakultas Elektro Universitas Fajar Makassar. IT Instructure LKP aksara tekno edukasi (TKJ Club Makassar). Electrical Engineering PT Celebes Teknik Nusantara. Dirut PT Celebes Cipta Karya dan Direktur Riset Teknologi dan Media PT Elektra Riset Indonesia. Founder berbagai.app (startup) dan Founder Mejakerja.id (startup). (*)

  • Bagikan