Cara Jitu Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital

  • Bagikan
ilustrasi

RAKYATSULSEL - Di era digital yang semakin berkembang pesat, peran orang tua tidak lagi hanya sebatas mendidik dan menyediakan kebutuhan pokok bagi anak-anaknya, tetapi juga harus memperhatikan penggunaan teknologi digital, seperti gawai.

Pasalnya, penggunaan teknologi digital dapat memiliki dampak signifikan pada perkembangan anak-anak, baik dari segi kesejahteraan mental maupun perilaku sosial mereka.

Oleh karena itu, menjadi orang tua yang bijak dalam mengelola penggunaan teknologi digital menjadi hal yang penting dalam menjaga keseimbangan antara kebutuhan anak-anak dan potensi risiko yang mungkin timbul.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, menyoroti pentingnya kehati-hatian dalam menghadapi perkembangan teknologi digital di kalangan anak-anak.

Meskipun kemajuan teknologi membawa kebanggaan bagi kita sebagai orang tua, namun juga membawa tantangan baru yang perlu diwaspadai.

Ancaman penggunaan gawai pada anak pun tidak bisa dianggap remeh. Konten-konten yang tidak layak, seperti kekerasan atau pornografi, serta risiko cyberbullying dan kekerasan seksual daring, dapat mengganggu kesehatan mental, pola pikir, dan perilaku sang anak.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memiliki pemahaman yang baik tentang penggunaan teknologi digital oleh anak-anak.

  • Bagikan