Danny Sebut Pembangunan Stadion Sudiang Tidak Ganggu Aktivitas Penerbangan di Bandara Sulhas

  • Bagikan
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyebut pembangunan Stadion Sudiang, Kota Makassar tidak akan mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Intenasional Sultan Hasanuddin (Sulhas).

Danny Pomanto, sapaan akrabnya, menyebut telah melakukan peninjauan dan melakukan pengujian Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) sehingga tidak menjadi penghalang.

Peninjauan tersebut dilakukan oleh Danny Pomanto, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Bupati Maros Chaidir Syam dan Bupati Pangkep Yusran Lagolau.

"Intinya stadion itu, kami sudah uji. Cukup (ukuran). Kami sudah gambarkan, tidak mengganggu penerbangan. Karena kita sudah ukur namanya KKOP. Jadi tidak menjadi optakel di penerbangan. Memenuhi syarat karena tidak mengganggu KKOP," terang Danny, Selasa (28/2).

Ia melanjutkan bahkan Panglima Komando Operasi Udara telah mengecek langsung di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

"Itu sudah diperlihatkan (pengujiannya). Langsung Pak Panglima Komando Operasi Udara yang langsung mengecek langsung di otoritas bandara," lanjut Danny.

Oleh karena itu, Danny pun menegaskan telah mendapat persetujuan dari Presiden RI Joko Widodo untuk pembangunan Stadion di Sudiang, Makassar.

Diketahui, Pemerintah Kota Makassar menyiapkan anggaran sekitar Rp200 milyar untuk pembangunan infrastruktur pendukung Stadion Sudiang yang akan dibangun yakni akses jalan.

Akses jalan tersebut, dikerjakan sebagai upaya untuk memecahkan sistem transportasi di simpul kemacetan di Sulsel.

Danny mengatakan pengerjaan akses jalan yang akan dikerjakan oleh Pemerintah Kota Makassar dilakukan karena stadion yang akan dibangun di Sudiang merupakan stadion yang memiliki kapasitas besar. Setara dengan stadion utama yang memiliki kapasitas penonton sekitar 15 ribu.

Dengan jumlah tersebut, Danny menyebut masyarakat atau supporter yang akan datang menonton pertandingan di stadion Sudiang berasal dari berbagai daerah. Seperti, Kabupaten Maros dan Gowa.

"Bukan hanya penontonnya dari makassar tetapi dari jurusan Maros, Gowa itu tidak perlu masuk ke kota.

Danny Pomanto, sapaan akrabnya, anggaran tersebut diambil dari APBD Perubahan 2024 Kota Makassar.

Danny melanjutkan Pemkot Makassar akan mengirimkan laporan desain pengerjaan akses jalan untuk Stadion Sudiang pada 29 Februari.

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo akan membangun stadion di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Stadion tersebut akan dibangun menggunakan dana APBN. Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sulsel menyiapkan lahan seluas 20 hektare di wilayah Sudiang, Kota Makassar. (Shasa/B)

  • Bagikan