Jelang Akhir Ramadan, 6 Ribu RT/RW dan Dewan Lorong Akan Itikaf di Masjid 99 Kubah

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar mengagendakan sejumlah kegiatan ke-agamaan selama bulan ramadan ini. 

Mulai dari buka puasa bersama yang digelar setiap hari Jumat hingga salat subuh berjamaah setiap hari Minggu yang berlangsung di Anjungan Pantai Losari. 

Kini jelang akhir ramadan, Pemkot Makassar berencana akan menggelar Itikaf  yang akan diikuti oleh 6 ribu RT/RW dan 6 ribu Dewan Lorong yang ada di Kota Makassar. 

Di jadwalkan, itikaf tersebut akan berlangsung pada tanggal 4 April atau pada malam ke-25 ramadan di Masjid Asmaul Husna 99 Kubah, Kawasan Lego-Lego, Center Point Of Indonesia (CPI), Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar. 

Itikaf ini diharapkan dapat menjalin dan mempererat ikatan sosial antar sesama dan juga untuk meraih amal ibadah di bulan ramadan. 

Diketahui, Itikaf merupakan salah satu amalan yang dikerjakan selama bulan suci ramadan. Di mana, jemaah akan berdiam diri di masjid yang disertai niat. Amalan ini biasanya dilaksanakan pada 10 malam terakhir ramadan. 

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pihaknya siap meramaikan kegiatan itikaf di masjid yang menjadi salah satu ikon Kota Makassar. 

"Segera juga kami rangkaikan dengan kegiatan itikaf bersama RT/RW semua," ujar Danny Pomanto, sapaan akrabnya. 

Itikaf tersebut, kata Danny akan dilanjutkan dengan sahur bersama. Di mana, para jemaah membawa makan sahur masing-masing. 

Danny menyebut dengan seringnya digelar kegiatan-kegiatan keagamaan di Masjid Asmaul Husna 99 Kubah ini diharapkan akan semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat serta memiliki bagian tersendiri di Makassar. 

"Kalau perlu kita buat run to Masjid 99 Kubah Asmaul Husna. Acara lari, jadi masjid urban namanya," ucap Danny. 

Selain itu, rencananya dibuat pawai obor sembari dilombakan pada malam takbiran dengan melibatkan semua kelurahan. Termasuk, timnya siap mengurusi lingkungan sekitar masjid yang kini kurang terawat dan dipenuhi banyak rerumputan. 

Terakhir, Danny juga berencana membuat festival Islami yang dapat digelar tiap bulan. Siapa saja bisa ikut, termasuk pihak perbankan yang juga diundang untuk memberikan tausiah perbankannya. (Shasa/B) 

  • Bagikan