Wartawan Harian Raksul Yadi Raih Gelar Magister

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Wisuda merupakan salah satu momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Pasalnya, butuh perjuangan, doa, dan usaha yang keras demi bisa mendapatkan gelar sarjana. Begitu juga gelar magister atau (S2).

Oleh karena itu, tidak heran jika wisuda merupakan salah satu momen paling membahagiakan bagi wisudawan dan wisudawati. Hal ini pun juga dirasakan oleh keluarga dan orang-orang terdekat.

Hal ini dirasakan oleh wartawan kebanggan Harian Rakyat Sulsel, Suryadi Maswatu, pria yang akrab disapa Kaka Yadhi itu, sukses meraih gelar Magister Prodi Manajemen Pesisir dan Teknokogi Kelautan (MPTK) di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Pria yang kerap melakoni aktivitas keseharian mengejar berita ini, menyelesaikan studi pendidikan dalam masa dua tahun lebih, dengan mengambil konsentrasi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut.

Tesis berjudul "Stategi Pengembangan Ekowisata Pantai Secara Holistik di Pulau Samalona Kota Makassar" berhasil dirampungkan Yadi beserta IPK 3,94.

Bukan tanpa sebab pria kelahiran Pulau Kur, Kota Tual ini mengambil prodi Manajemen Pesisir dan Teknologi Kelautan (MPTK), meski telah bekerja bertahun-tahun di Sulawesi Selatan.

Bagi Yadi, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah bagian dari mendukung pendidikan di tanah kelahiran.

"Tanah kelahiran saya adalah pulau di tanah Maluku Tenggara dimana yang memiliki gelar magister baru hitungan jari di kecamatan," ucapnya, Minggu (28/4/2024).

Wisuda UMI periode pertama diikuti 3.610 orang, baik sarjana, Magister dan Doktor. Hari pertama diikuti 949 wisudawan, kedua 932 orang, ketiga 947 orang, kemudian hari terakhir 782 orang.

Saat wisuda, Yadi didampingi sang Ibu tercinta bersama kakak kandung dari Tual Maluku hadir secara langsung menyaksikan momentum terbaik ini.

"Selain itu, saya mengambil jurusan ini karena melihat peluang dan pengembangan wilayah pesisir Indonesia Timur ke depan. Terkhusus di wilayah Kota Tual dan Maluku Tenggara kaya akan hasil alam dan laut," tambahnya.

Ke depan Yadi berharap ilmu yang diperoleh ini dapat berguna di dunia pekerjaan dan di tanah kelahiran.

Atas pencapaian ini pula, Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Dr. Andi Lukman ikut bergembira dan mengungkapkan selamat atas pencapaian tersebut.

"Saya Kepala LLDIKTi Wilayah IX, mengucapkan selamat atas penyelesaian studi Suryadi Maswatu, pada program Studi Magister Manajemen Pesisir dan Teknologi Kelautan Pada Program Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia," ucapnya. (Hikma/B)

Suryadi Maswatu salaman bersama Rektor UMI Prof Sufirman Rahman (kanan) pada wisuda periode pertama 2024 di Hotel Claro Makassar.

  • Bagikan

Exit mobile version