Berikut Cara Mengidentifikasi Gigitan Serangga yang Gatal, Mulai Tawon hingga Kutu!

  • Bagikan
Ilustrasi.

RAKYATSULSEL - Pembengkakan, rasa gatal yang hebat, bahkan ruam yang menyakitkan merupakan beberapa gejala dari gigitan serangga.

Dilansir dari laman Health Shots, Senin (29/4), meskipun tergantung pada jenisnya, gigitan serangga bahkan dapat menyebabkan gejala yang parah seperti demam, mual, pusing, serta kesulitan bernapas.

1. Gigitan nyamuk

    Gigitan ini biasanya dilakukan oleh nyamuk betina yang dapat menyebabkan malaria, demam berdarah, dan ensefalitis. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat lebih dari 241 juta kasus penyakit ini pada 2020.

    2. Gigitan kutu

      Efek gigitan kutu terasa gatal dan akan terlihat berkelompok, karena hewan ini berukuran sangat kecil. Ia melompat dari satu tempat ke tempat lain, setiap gigitannya pun akan terasa sakit.

      Institut Kesehatan Nasional menyatakan bahwa untuk mencegah gigitan ini, kutu perlu dibasmi dari lingkungan sekitar dengan semprotan insektisida serta menyedot debu untuk menghilangkan telurnya.

      3. Gigitan lalat

        Ada berbagai jenis lalat termasuk lalat pasir, tsetse, lalat rusa, dll, menurut makalah yang diterbitkan oleh Museum Palaeontologi Universitas California, ada 120.000 jenis lalat yang dapat menggigit hewan dan manusia, gigitan ini bisa terlihat seperti benjolan merah dan lepuh kecil.

        4. Semut api

          Semut api berbahaya dan hidup di sarang dan jamur, jika sarangnya diganggu, hewan ini bisa sangat beresiko dimana umumnya berkerumun dan akan naik ke atas saat menyerang, cara terbaik agar tidak tergigit adalah dengan menjauhinya, serta gigitannya terlihat seperti kumpulan bintik merah.

          • Bagikan