Hadirkan Kesempatan Belajar Kecerdasan Buatan Bagi Talenta Lokal, Google Buka Program AI Essentials

  • Bagikan
Ilustrasi.

"Kami telah menambahkan materi baru ke dalam program sertifikat ini untuk membantu peserta mempelajari cara pekerja profesional di bidang mereka memanfaatkan AI, sekaligus memberi mereka pengalaman praktik menerapkan AI dalam skenario kerja," lanjut pihak Google.

Google menyebut, lebih dari 80% dari 230.000 lulusan GCC di Asia-Pasifik telah melaporkan dampak positif dalam karier mereka. Kini, sebagai bagian dari program GCC lokal kami di Asia-Pasifik, kami akan terus menawarkan beasiswa untuk memastikan lebih banyak orang dari kelompok masyarakat yang kurang terlayani mendapatkan akses ke berbagai keterampilan di atas.

Beasiswa GCC yang tersedia saat ini maupun yang selanjutnya juga akan memberikan akses ke kursus AI Essentials.


Kolaborasi intensif dengan mitra lokal juga terus ditingkatkan, memungkinkan Google menjangkau berbagai macam kelompok dengan program pelatihan digital dan materi belajar.

Gsmini Academy adalah salah satu program peningkatan keterampilan AI Google, tempat para pengajar belajar menggunakan AI secara aman dan bertanggung jawab. Melalui program ini, kami telah melatih lebih dari 16.000 pengajar di Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Kemudian, satu lagi program kami adalah Generative AI for Educators, kursus mandiri sepanjang dua jam yang didesain untuk membantu pengajar menghemat waktu, mempersonalisasi pengajaran, dan mengembangkan pelajaran dengan alat-alat AI generatif.

Bermitra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia (Kemendikbudristek), Google telah menyelenggarakan Bangkit Academy, program gratis bagi siswa untuk belajar keterampilan teknis yang banyak dibutuhkan.

Sejak tahun 2020, lebih dari 15.000 mahasiswa sarjana maupun kejuruan telah mengikuti program ini dan memperoleh sertifikat di bidang Machine Learning, Pengembangan Seluler, serta Komputasi Cloud. Pada tahun ini, sebuah kurikulum AI khusus akan ditambahkan ke program tersebut bagi 9.000 peserta angkatan 2024.

  • Bagikan