Hadirkan Kesempatan Belajar Kecerdasan Buatan Bagi Talenta Lokal, Google Buka Program AI Essentials

  • Bagikan
Ilustrasi.

RAKYATSULSEL - AI, Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan tidak hanya telah mengubah cara orang menjalankan bisnis, tetapi juga cara kita bekerja. Berdasarkan catatan Google, di Asia-Pasifik, AI beserta komputasi cloud dan keamanan siber merupakan salah satu keterampilan digital tingkat lanjut yang paling dibutuhkan, sehingga menjadi keunggulan penting bagi para pencari kerja.

Secara global, lowongan kerja yang melibatkan teknologi AI telah meningkat drastis hingga 21 kali lipat pada tahun 2023. Merespons hal tersebut, Google mengklaim berkomitmen untuk memastikan semua orang dapat memanfaatkan AI.

"Dan kami percaya bahwa langkah pertama yang harus dilakukan adalah peningkatan keterampilan. Hari ini, kami meluncurkan AI Essentials, sebuah kursus baru untuk membantu lebih banyak orang mendapatkan keterampilan AI untuk masa depan," jelas Google melalui keterangannya.

Langkah konkret Google dalam pengembangan teknologi AI adalah membuka kursus AI baru bagi pemula. Caranya adalah dengan Google AI Essentials, program online mandiri yang baru, diampu oleh para ahli AI dari Google.

Kursus ini tidak mensyaratkan peserta memiliki pengalaman AI, dan didesain untuk membantu orang dari berbagai pekerjaan dan industri untuk belajar melalui praktik penggunaan alat-alat AI. Dengan kursus ini, orang akan belajar menggunakan alat AI generatif untuk mencari ide dan mempercepat tugas kerja sehari-hari.

Mereka juga dapat belajar menulis perintah yang efektif dan menggunakan AI secara bertanggung jawab dengan mengenali potensi bias AI. Google AI Essentials tersedia secara global di Coursera dalam bahasa Inggris, sementara bahasa lain akan segera menyusul.

Selain Google AI Essentials, Google memiliki Google Career Certificates (GCC) yang menyiapkan para peserta untuk mengisi pekerjaan tingkat pemula di bidang-bidang yang berkembang pesat, seperti Analisis Data, Keamanan Cyber, atau Pemasaran Digital.

  • Bagikan

Exit mobile version