Semakin Modern, Kemenkes Mulai Terapkan Solusi AI Generatif di Bidang Layanan Kesehatan

  • Bagikan
Ilustrasi.

RAKYATSULSEL - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan perluasan kolaborasi dengan Google Cloud untuk mendukung pengembangan Inovasi AI Generatif (Gen AI) khusus layanan kesehatan. Kerja sama tersebut diklaim selaras dengan tujuan yang ditetapkan dalam cetak biru pemerintah Indonesia untuk transformasi kesehatan digital dan prakarsa Visi Indonesia Digital 2045.

Kolaborasi kedua organisasi yang dimulai pada tahun 2022, Google Cloud telah menciptakan lingkungan yang aman dan terjamin untuk menguji inovasi gen AI tingkat perusahaan dan yang disesuaikan secara medis, yang memungkinkan inovasi tersebut disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap layanan kesehatan.

Setiaji, Chief Digital Transformation Office (DTO), Kementerian Kesehatan, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membuat informasi layanan kesehatan dapat diakses oleh setiap individu, menyederhanakan sistem bagi profesional kesehatan sehingga mereka dapat fokus pada perawatan pasien, dan memperkuat ekosistem layanan kesehatan melalui inovasi yang bertanggung jawab.

"Selagi kami berupaya memajukan adopsi AI, keseimbangan antara inovasi dan pertimbangan etis sangat penting untuk kesuksesan. Dengan mematuhi prinsip dan praktik AI yang bertanggung jawab, kami dapat memastikan bahwa kami memanfaatkan potensi AI sekaligus menjaga kesejahteraan masyarakat," kata Setiaji.

Kolaborasi terbaru ini dikatakan merupakan bagian dari tujuan Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan akses, pengalaman, dan hasil layanan kesehatan bagi setiap individu di Indonesia, serta melengkapi upaya berkelanjutan dengan Google Cloud untuk menyempurnakan proses di sektor layanan kesehatan di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Fanly Tanto, Country Director, Indonesia, Google Cloud menyebut, Gen AI memiliki potensi besar untuk mentransformasi layanan kesehatan. Mengingat teknologi AI yang juga sangat esensial belakangan ini, Fanly menambahkan, menunjuk mitra yang tepat juga tidak kalah pentingnya.

“Saat Google Cloud menghadirkan kemajuan AI baru pada produk kami, komitmen kami ada dua: untuk memberikan kemampuan bantuan yang kuat, dan untuk memastikan teknologi kami mencakup perlindungan yang tepat bagi organisasi, penggunanya, dan masyarakat," ujar Fanly.

  • Bagikan

Exit mobile version