Awasi Orang Asing, Imigrasi Parepare Gelar Operasi “JAGRATARA”

  • Bagikan

BARRU, RAKYATSULSEL - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kota Parepare melaksanakan Operasi Jagratara yang dilakukan secara serentak dengan Kendali Pusat di Seluruh Wilayah Indonesia Tahun 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis hingga Jumat, 02-03 Mei 2024 ini digelar di PT Charoen Pokhpand Indonesia dan PLTU Sulsel II Kabupaten Barru.

Sebanyak sembilan orang Petugas Imigrasi dikerahkan dalam operasi tersebut.

Sebelumnya, Kepala Kantor dan Seksi Inteldakim Kantor Imigrasi Parepare mengikuti Pembukaan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Operasi “JAGRATARA” Pengawasan Orang Asing Secara Serentak dengan Kendali Pusat di Seluruh Wilayah Indonesia Tahun 2024. Kegiatan melalui via daring (zoom) merupakan persiapan menuju ke lokasi operasi pengawasan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kota Parepare, Anggoro Widjanarko mengatakan, pada pukul 13.30 Wita Tim Operasi “JAGRATARA” Pengawasan Orang Asing berangkat ke PT Charoen Pokhpand Indonesia Kabupaten Pinrang.

“Kami melakukan pengawasan dan pemeriksaan dokumen keimigrasian, kegiatan dan keberadaan WNA yang ada pada perusahaan tersebut,” ujarnya.

Diketahui, PT Charoen Pokhpand Indonesia Kabupaten Pinrang memiliki warga negara Thailand pemegang Kitas dengan jabatan sebagai Production Manager.

“Lalu pada Jumat, 03 Mei 2024 Tim Operasi “JAGRATARA” melanjutkan kegiatan pengawasan ke PLTU Sulsel II di Kabupaten Barru. Di sana terdapat 3 warga negara Jepang Pemegang Kitas dengan jabatan sebagai Technical manager dan Project Engineer,” urai dia.

Tim Operasi “JAGRATARA” Pengawasan Orang Asing juga menyampaikan terkait tanggung jawab sebagai Sponsor/Penjamin bagi orang asing untuk menaati aturan hukum yang berlaku guna untuk mencegah pelanggaran administrasi keimigrasian dan menjaga stabilitas dan keamanan negara.

“Dari hasil pemeriksaan dokumen keimigrasian, kegiatan, dan keberadaan WNA tersebut, tidak ditemukan adanya indikasi pelanggaran keimigrasian,” ungkapnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version