Waspada Cuaca Buruk, Berikut Perkiraan Cuaca Sejumlah Wilayah Sulsel 10-12 Mei 2024.

  • Bagikan
Suasana Dusun Palatte-Bulukumba, Kamis(9/5/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL-Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar menyampaikan prakiraan cuaca di sejumlah wilayah Sulsel tiga hari kedepan mulai tanggal 10 sampai 12 Mei 2024.

Daerah yang bakal mengalami cuaca buruk dengan perkiraan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan berpotensi disertai kilat petir dan angin kencang pada 10 Mei 2024 ialah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) dan Enrekang.

Kemudian, untuk tanggal 11 Mei 2024 daerah yang berpotensi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai angin kencang serta kilat dan petir adalah Kabupaten Enrekang, Luwu, Wajo, Bone, Bulukumba, Sinjai, dan Gowa.

Lalu, untuk 12 Mei 2024 daerah yang berpotensi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai angin kencang serta kilat dan petir adalah Kabupaten Lutra, Luwu, Palopo, Wajo dan Enrekang.

Terpisah, Kepala Pelaksana (Kalak ) BPBD Sulsel, Amson Padolo menghimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan memantau perkembangan informasi cuaca melalui media terpercaya dan channel resmi pemerintah.

Ia mengatakan, masyarakat harus betul memperhatikan kondisi alam dan sekitar serta mengutamakan keselamatan diri dengan menjauh daerah yang rawan longsor serta arus deras air.

“Kita imbau masyarakat untuk memperhatikan keselamatan diri dan kondisi cuaca, dan memperbanyak doa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ungkapnya.

Untuk informasi, cuaca buruk menyebabkan sejumlah desa di Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba harus terendam banjir, Kamis (9/5/2024).

Berdasarkan pantauan Rakyat Sulsel, tinggi air di beberapa wilayah itu sampai merendam sejumlah persawahan, jalan hingga pemukiman warga.

Vazirah seorang warga Desa Manjalling menyampaikan, guyuran hujan memang sudah terjadi sekitar pukul 1 malam hingga pukul 14.00 siang tadi.

Ia menyampaikan, untuk di desa tempat tinggalnya itu banjir rendam tiga desa yaitu, Dusun Kailie, Parungge dan Palattae.

“Kalau tingginya itu ada yang setinggi lutut bahkan ada yang sampai setinggi pinggang orang dewasa,” ungkapnya. (Abu/B)

  • Bagikan