PKB-Demokrat Jajaki Koalisi Pilkada Serentak di Sulsel

  • Bagikan
KOALISI. Ketua PKB Sulsel, Azhar Arsyad saat melakukan pertemuan tertutup dengan ketua Demokrat Sulsel Ni'matullah di Cafe Fireflies Makassar, Jumat (10/5/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Selatan Azhar Arsyad dan Ketua Partai Demokrat Sulsel, Ni'matullah melakukan pertemuan tertutup di salah satu kafe, Jumat (10/5/2024). Pertemuan tersebut untuk menjajaki peluang koalisi partai dalam menyambut pemilihan kepala daerah di 24 kabupaten/kota dan pemilihan gubernur Sulsel, November mendatang.

"Ini pertemuan biasa sambil ngobrol santai. Tapi sempat bicara potensi berkoalisi di beberapa kabupaten,” kata Ni'matullah.
dia mengatakan, rencana koalisi ini harus dibahas lebih awal agar komunikasi bisa berjalan hingga November nanti. Dia berharap kedua partai bisa berkoalisi di semua daerah.

“Kami berharap koalisi di semua kabupaten. Saat ini juga saling mempertemukan siapa kader dari PKB dan siapa kader Demokrat yang kuat. Semua harus dibicarakan,” imbuh dia.

Adapun Ketua PKB Sulsel, Azhar Arsyad menyebutkan pertemuan dengan Ni'matullah untuk mendeteksi figur yang layak diusung pada pilkada nanti.

“Kami ingin melihat siapa yang potensial, siapa yang bisa diajak koalisi. Pertemuan ini untuk mencari titik temu dalam mempersiapkan calon yang akan diusung,” imbuh dia.

Sementara itu, Partai Perindo akhirnya mengeluarkan rekomendasi kepada Darmawangsyah Muin untuk maju sebagai calon bupati di Kabupaten Gowa. Atas dukungan itu, Sekretaris Gerindra Sulsel tersebut sudah bisa mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Koalisi Gerindra dan Perindo mengunci sembilan kursi, sebagai syarat untuk mendaftar sebagai bakal calon.

Ketua Perindo Sulsel, Sanusi Ramadhan mengatakan Darmawangsyah diyakini bisa menjaga keberlanjutan program pembangunan yang bermuara pada kepentingan masyarakat Gowa.

“Kami juga yakin dia mampu konsolidasi kekuatan partai di Gowa untuk menyatu dan memenangkan Pilkada Gowa 2024,” ujar Sanusi.

Dai berharap, dukungan Perindo sekaligus mencukupkan syarat 20 persen atau setara dengan sembilan kursi partai ada di Gowa. “Ini juga bagian dari komitmen Perindo dalam menentukan kandidat yang akan diusung," imbuh dia.

Adapun Darmawangsyah mengatakan dukungan Perindo tersebut secara resmi terwujud bila sudah ada rekomendasi bentuk B1 KWK yang nantinya akan dipakai untuk mendaftar di KPU. Dirinya juga menyebutkan selain Perindo masih ada partai yang akan bergabung.

“Insyaallah pekan depan ada satu partai yang akan bersama dengan kami," imbuh dia. (fahrullah/B)

  • Bagikan