Dijadwalkan Tiba Hari ini, PPIH Debarkasi Makassar Siap Sambut Jemaah Haji 2024

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jemaah Haji Kloter pertama Debarkasi Makassar dijadwalkan mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar hari ini sekira pukul 16.00 wita, Minggu (23/6/2024).

Diketahui, Embarkasi Makassar sebelumnya sudah memberangkatkan sebanyak 16.644 orang ke Tanah Suci,  dengan rincian  5.997  laki-laki da 10.647 perempuan. Sebanyak 16 Jemaah Haji wafat di Saudi Arabia, dan satu orang wafat di Asrama Haji.

Sekretaris PPIH Derbarkasi Makassar, Ikbal Ismail mengatakan, pihaknya sudah siap menyambut para jemaah haji secara keseluruhan akan disambut di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.

Ia mengatakan, dalam aula tersebut para jemaah haji akan diberikan pelayanan, terutama pelayanan kesehatan.

“Jadi jemaah saat tiba di Bandara Sultan Hasanuddin mereka akan langsung dimobilisasi ke Asrama Haji dan masuk ke Aula Arafah, di Aula mereka akan diberikan pelayan, terutama kesehatan,” paparnya saat diwawancara Rakyat Sulsel, Minggu (23/6/2024).

Ia melanjutkan, para anggota PPIH saat ini sudah bersiap pada masing-masing tugas kerjanya, seperti para petugas kesehatan sudah siap untuk memberikan pelayanan jika mamang para jemaah haji membutuhkan penanganan kesehatan.

“Terutama para petugas yang akan memberikan pelayanan kepada lansia, sebab pelayanan lansia merupakan salah satu prioritas, jadi para lansia tidak akan mengikuti acara penerimaan secara formal,” ungkapnya.

Bahkan kata dia, untuk jemaah haji lansia sendiri nantinya ketika di Asrama Haji akan memiliki tempat duduk yang terpisah dari jemaah pada umumnya.

Bahkan kata dia, pemeriksaan barang bawaan juga akan dilakukan oleh pihak bea-cukai terutama untuk barang-barang dengan harga yang terbilang mahal.

Ikbal Ismail membeberkan, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto akan hadir dalam penyambutan Jemaah haji 2024, pun dengan Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakhrulloh dan beberapa pejabat lainya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Muhammad Tonang menyampaikan, koordinasi lintas sektor pun sudah dilakukan untuk persiapan Jemaah Haji tahun 2024 ini.

Bahkan sebelum hari H penyambutan Jemaah haji, beberapa kegiatan juga sudah dilakukan oleh pihaknya, seperti Dzikir bersama dan gelar doa bersama.

“Hari ini panitia PPIH tinggal bersiap untuk menerima Jemaah haji sesuai dengan standar operasional prosedur dan tupoksi masing-masing,” kuncinya. (Abu/A)

  • Bagikan