Kalla Rescue Berhasil Evakuasi Pengunjung  Cedera Parah di Nipah Park

  • Bagikan
Simulasi proses penyelamatan korban cedera oleh tim Kalla Rescue

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Seorang pengunjung Nipah Park terpaksa harus di evakuasi lewat jalur darurat karena mengalami patah tulang dan cedera kepala.

Tim Kalla Rescue yang berjumlah 21 orang tanggap cepat melakukan penyelamatan, korban di evakuasi menggunakan tali dari ketinggian lantai 3 pusat perbelanjaan yang berada di jalan Perintis Kemerdekaan itu.

Kurang lebih 20 menit, tim Kalla Rescue sudah berhasil mengevakuasi korban tersebut dan melarikannya ke rumah sakit menggunakan ambulance Kalla Rescue.

Proses evakuasi ini merupakan simulasi yang dilakukan tim Kalla Rescue dalam rangka peresmian Sekretariat Kalla Rescue yang berada di Basement Nipah Park, Senin (24/6/2024).

Marketing Strategi & Digitalization Director,  Zumadi SM Anwar menjelaskan, Kalla Rescue merupakan  organisasi kemanusiaan yang berdiri sejak 1 November 2022 lalu dan hari ini telah memiliki sekretariat.

"Kalla Rescue merupakan organisasi yang melakukan misi kemanusiaan dan penanganan bencana. Personil tersebar berada di Kendari, Mamuju dan daerah lainnya. Saat ini Kalla Rescue  memiliki 21 anggota dan tersertifikasi nasional," ujarnya

" Kalla Rescue juga telah terlibat dalam beberapa aksi bencana, contoh pertolongan kebakaran pasar sentral, kebakaran Trans mall, banjir, kebakaran pasar Terong dan lain-lain," tambahnya.

Zumadi mengatakan dengan adanya sekretariat Kalla Rescue akan lebih memudahkan dalam menjalankan operasional dan dapat membantu masyarakat Makassar yang membutuhkan.

"Harapannya Kalla Rescue akan semakin cepat dan tepat dalam memberi respon ke berbagai pihak. Tantangan tidak mudah tantangan iklim situasi bencana, namun dengan gotong royong dapat melewati segala tantangan. Mari jadikan Kalla Rescue pusat memberikan bantuan terbaik bagi masyarakat," ujarnya.

Kepala Kantor Basarnas Kota Makassar, Muh Arif Anwar mengaku kehadiran Kalla Rescue sangat membantu apalagi dalam kondisi rawan bencana. 

"Kami berterimakasih atas bantuan Kalla Rescue yang telah membantu dalam penyelamatan dan kebencanaan. Mereka telah memperoleh sertifikat dasar di Basarnas Makassar. Harapan kami kehadiran Kalla Rescue bukan hanya tugas fisik namun juga membantu yang membutuhkan," katanya

"Semoga produktif, aktif dan semangat mengembangkan amanat kemanusiaan. Ini membantu dan menjadi tempat diskusi sehingga tercipta sinergitas. Saya mengingatkan untuk selalu menjaga solidaritas dan menghadapi  tantangan sebab tantangan yang di hadapi tidaklah ringan. Saya yakin dapat memberikan kemudahan dan tempat menyebar kebaikan bagi yang membutuhkan," tutupnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan